Return to site

Karakteristik Yang Harus Dimiliki Oleh Sales (PART 2)

Karakter utama yang harus dimiliki oleh semua sales untuk menjadi profesional

Karakteristik Yang Harus Dimiliki Oleh Sales (PART 2)

Jika Anda belum membaca artikel sebelumnya, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap ada baiknya Anda membaca artikel pertama pada halaman ini. Apabila Anda sudah membaca, berikut adalah karakter lain yang harus dimiliki oleh seorang sales untuk menjadi sales profesional.

6. Mudah dilatih/diarahkan

Meskipun Anda memiliki pengalaman sales sebelumnya, bukan berarti Anda sudah menguasai semua hal tentang sales. Untuk itu, Anda harus bersedia dilatih oleh pimpinan perusahaan, sales senior atau atasan Anda. Pelatihan yang diberikan oleh seorang sales senior tentu bukanlah untuk kebaikan mereka saja, melainkan untuk kebaikan Anda. Oleh karena itu, jangan sampai Anda bertindak secara egois tanpa memperhatikan pelatihan yang diberikan. Mark Roberge menyebutkan bahwa mau belajar dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi juga sebagai bagian dari mudah menerima pelatihan.

7. Kreatif

Seorang salesperson harus memiliki kreativitas lebih untuk bisa membukukan penjualan. Ketika Anda menggunakan cara yang sama kepada setiap pelanggan maupun prospek, dan hanya menemukan kata tidak, maka salesperson tersebut harus memiliki cara baru untuk melakukan pendekatan. Cara baru yang kreatif yang mampu menarik perhatian pelanggan/prospek Anda. Anda harus bisa bergerak cepat ketika Anda merasa bahwa cara tersebut tidak berhasil. Karena semakin lama Anda memutuskan, maka semakin kecil pula peluang Anda.

8. Suka bertanya

Bertanya merupakan kunci Anda sebagai salesperson untuk mengetahui kebutuhan pelanggan. Jika Anda hanya menjadi pembicara dan tidak mau bertanya kepada prospek terkait permasalahan yang mereka hadapi, bagaimana bisa prospek yakin bahwa Anda memiliki solusi untuk mereka. Tugas Anda adalah bukan hanya menawarkan produk, tetapi tugas utama Anda adalah dengan menawarkan solusi untuk masalah yang mereka hadapi, dan meyakinkan prospek agar ia bersedia membeli/menggunakan produk/layanan Anda serta meyakinkan mereka bahwa yang Anda tawarakan adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Bertanya juga menjadi salah satu cara untuk memulai hubungan baik dengan pelanggan-pelanggan Anda. Sebagai tambahan mungkin Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya yang terkait pada halaman ini.

9. Positif dalam segala hal

Berpikiran positif dan menanggapi hal negatif dengan cara positif merupakan salah satu cara agar Anda dapat menjadi salesperson profesional. Anda sebagai sales pasti akan menemukan banyak argumen negatif dari prospek. Jika Anda membalas sikap negatif dari mereka, maka mereka akan menilai Anda sebagai sales yang tidak profesional. Bahkan, perusahaan Anda pun akan menjadi perusahaan yang ikut mendapat tanggapan negatif dari sikap Anda tersebut.

10. Independen

Seorang sales haruslah menjadi seorang motivator bagi dirinya sendiri. Jika Anda merasa gagal saat ini, maka Anda harus menanamkan optimisme dari dalam diri Anda untuk terus mengejar target. Anda memang diharuskan bekerja secara independen, tapi jangan sampai Anda mengesampingkan kerjasama tim jika Anda bekerja dalam tim.

Itulah karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang sales. Masih ada beberapa karakteristik lainnya yang harus dimiliki oleh seorang sales. Kami akan melanjutkan pada artikel kami selanjutnya. Jadi, jangan lupa untuk berlangganan newsletter kami dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com | Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK