Return to site

Karakteristik Yang Harus Dimiliki Oleh Sales (PART 1)

Cara menjadi sales yang sukses

Karakteristik Yang Harus Dimiliki Oleh Sales (PART 1)

Jika Anda saat ini bekerja sebagai seorang sales, itu bukan berarti bahwa pekerjaan Anda adalah pekerjaan lemah. Mungkin di Indonesia, banyak orang yang enggan menjadi seorang sales, padahal inti dari semua bisnis itu ada pada sales. Menjadi seorang sales sangat berbeda dengan seorang karyawan biasa sebut saja karyawan produksi atau staff akuntan.

Karena, menjadi seorang tim sales harus siap berhubungan dengan semua orang yang terhubung dengan perusahaan seperti investor atau pelanggan. Seorang sales yang sukses adalah dia yang memiliki karakteristik khusus dalam dirinya selain memiliki kemampuan untuk bekerja sendiri, apa saja karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang sales? Berikut riniciannya.

1. Sales harus memiliki ketelitian

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh American Psychological Association, kesuksesan seorang penjual atau sales adalah mereka yang bisa lebih teliti dalam menjalankan tugas-tugasnya. Dengan ketelitian ini pula seorang sales dapat bekerja lebih efisien dan tepat sasaran.

2. Memiliki rasa hormat

Seorang sales harus memiliki rasa hormat kepada siapapun terutama pada pelanggan maupun prospek. Rasa hormat ini pun juga bisa berupa menghormati waktu atas pelanggan-pelanggannya. Anda harus bisa memastikan bahwa Anda bisa melayani pelanggan maupun prospek dengan pelayanan prima. Sesibuk apapun orang sukses selalu menghargai waktu yang ia miliki. Begitu juga seorang sales yang ingin sukses, ia harus bisa menghormati pelanggan serta menghormati waktu yang dimiliki.

3. Inisiatif

Seorang sales representatif bukanlah seorang sales yang suka menunggu pesanan. Mereka pergi untuk mencari pelanggan dan mencari solusi untuk menyelesaikan problem yang dialami oleh pelanggan terkait dengan kebutuhan produk yang harus dipenuhi oleh pelanggan dalam tempo cepat atau lambat. Seorang salesman tentu akan melakukan semua hal yang dibutuhkan untuk bisa membantu pelanggan dan untuk bisa menjual produk dengan cara yang baik.

4. Menjadi pendengar yang baik

Seorang sales jangan hanya suka menjelaskan banyak hal tentang produk yang dimiliki. Akan tetapi, seorang sales harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi calon pelanggan atau pun bagi pelanggan yang dimiliki. Dengan mendengarkan keluhan atau keinginan mereka, maka sales bisa dengan cepat memutuskan apakah sanggup atau tidak perusahaan memenuhi permintaanya.

5. Gigih

Seorang sales haruslah memiliki karakter yang gigih untuk bisa terus mewujudkan penjualan yang lebih baik. Sebagai ujung tombak dari perusahaan, sales akan menjadi orang yang paling berpengaruh bagi perusahaan. Jika seorang sales bermalas-malasan maka perusahaan tidak akan pernah berkembang.

Kami akan melanjutkan karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang sales pada artikel kami selanjutnya. Jangan kelewatan tips sales dan marketing dari kami dengan cara berlangganan newsletter kami.

Ilustrasi (c) Unsplash.com