Return to site

Mengapa Harus Menggunakan CRM?

· CRM Di Indonesia,What is CRM,CRM di Jakarta

Mengapa harus menggunakan CRM? Ini menjadi pertanyaan yang sangat umum yang akan ditanyakan oleh tim sales, sales leader maupun pimpinan perusahaan sebelum benar-benar memahami sistem CRM dengan benar. Jika disederhanakan, sistem CRM adalah proses manajemen yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan dengan memahami hal-hal yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan memanfaatkan hubungan. Selain itu, sistem CRM juga menjadi sistem yang dapat difungsikan sebagai alat untuk mempertahankan pelanggan dengan pemahaman terhadap kebutuhan dan menemukan lead berdasarkan syarat pelanggan ideal yang ditetapkan oleh perusahaan.

Dari sini kita sudah mengenal sedikit definisi singkat mengenai kegunaan sistem CRM yang belum Anda ketahui sebelumnya. Sebagai tambahan informasi, sistem CRM merupakan sistem teknologi yang dapat memantai setiap aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan ketika berinteraksi dengan pelanggan. Teknologi CRM juga akan membantu perusahaan dalam menganalisa pemasaran, penjualan dan meningkatkan Customer Lifetime Value (CLV) yang menjadi pokok utama dalam pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

Sistem CRM tidak hanya digunakan untuk perusahaan besar atau enterprise saja, Anda yang saat ini memiliki bisnis sekala kecil juga dapat menggunakan sistem CRM untuk memberikan kemudahan kepada Anda dalam mengelola semua pelanggan. Penyelesaian masalah yang dihadapi oleh pelanggan terkait produk dan layanan dapat di simpan, dilacak dan dipantau oleh siapa pun yang memiliki akses terhadap sistem kecuali akses yang dimiliki oleh user administrator yang tidak dapat diakses oleh tim lain non-administrator.

Pengumpulan informasi data dalam satu tempat ini memberikan banyak manfaat yang tidak dirasakan oleh perusahaan dan tim sales ebelumnya. Proses dalam menjaga hubungan akan menjadi proses yang lebih mudah untuk dilakukan namun akan berubah menjadi hal sebaliknya. Dari proses interaksi perusahaan dan pelanggan dapat meningkatkan akurasi dalam memberikan layanan dan memberikan solusi yang tepat bagi pelanggan ketika mereka menemukan suatu masalah yang harus diselesaikan oleh perusahaan.

Jadi, apakah Anda sudah mendapatkan jawaban dari apa yang kami tulis untuk menjawab pertanyaan “mengapa harus menggunakan sistem CRM?” melalui artikel ini? Jika masih belum, kami undang Anda untuk mengirimkan email ke hi@sales1crm.com untuk bertanya hal-hal lain yang belum disebutkan pada artikel ini termasuk bagaimana sistem CRM dari Sales1 ini bekerja dan membantu penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com