Return to site

Mengenal Manfaat CRM Untuk Pemerintah Di Indonesia

Peran penting CRM pada sistem pemerintahan

· CRM Di Indonesia,CRM

Adopsi teknologi terkini untuk pemerintahan sangat penting dilakukan untuk mempermudah pekerjaan para pegawainya. Sayangnya, penggunaan teknologi untuk pemerintahan di Indonesia masih sangat minim. Padahal, apabila pemerintah Indonesia mampu memaksimalkan penggunaan teknologi dalam kebutuhan internal maupun yang berhubungan dengan warga, tentu akan menjadi hal yang sangat luar biasa.

Salah satu teknologi yang dapat diimplementasikan untuk kemudahan interaksi antara pemerintah dengan warga adalah Customer Relationship Management (CRM). Meskipun teknologi ini pada dasarnya diciptakan untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, CRM juga dapat dimaksimalkan untuk mencatat laporan-laporan kerja internal pemerintahan serta pencatatan laporan atau keluhan warga terhadap pelayanan abdi masyarakat.

Era teknologi dan digitalisasi membawa keuntungan tersendiri untuk pemerintah yang ingin mengurangi pengeluaran biaya. Mengapa penggunaan Cloud Based CRM dapat menghemat biaya? Pemerintah tidak perlu lagi membeli server sendiri untuk menyimpan data, pemerintah tidak perlu lagi merekrut pegawai untuk mengembangkan software CRM ini. Cukup dengan memilih penyedia cloud based CRM terpercaya, pemerintah sudah dapat memiliki software CRM dengan biaya yang lebih murah.

Selain mengurangi biaya penyediaan infrastruktur, penggunaan CRM dari penyedia merupakan cara cepat untuk memiliki sistem CRM sendiri. Dengan menggunakan sistem dari provider, pengembangan pun bisa lebih cepat. Ibaratnya, jika pemerintah mengembangkan CRM sendiri membutuhkan waktu 6 bulan hingga 1 tahun, penggunaan CRM dari provider dapat dilakukan dengan setup lebih cepat antara 1 – 3 bulan.

Koneksi real-time dalam implementasi CRM untuk Pemerintah Di Indonesia

Software CRM berbasis cloud yang saat ini sudah sangat umum digunakan oleh pelaku bisnis, telah memudahkan mereka dalam berinteraksi untuk tim perusahaan secara internal. Begitu pula penerapan CRM untuk pemerintah, pegawai dapat dengan mudah melacak komunikasi antar pegawai dan dapat meminimalisir adanya penyimpangan. Karena setiap prosesnya dapat dipantau oleh pejabat pemerintah yang lebih tinggi lebih terbuka dan mudah diakses.

Sebagai contoh, ketika pemerintah memiliki proyek pengembangan jalan tol misalnya, semua komunikasi instansi yang berkaitan dengan proyek ini dapat disimpan dalam software CRM, sehingga setiap ide-ide yang masuk dan estimasi dana penyelenggaraan pun dapat dilihat melalui aplikasi tersebut. Ketika keterbukaan penyelenggaraan ini terjadi, tidak ada tempat lagi bagi pegawai untuk bertindak di luar ketentuan yang sudah ditetapkan. Apabila ada penyimpangan, pelacakan dapat dilihat, di mana awal terjadinya penyimpangan tersebut dan dapat dengan mudah mencari tahu penyebabnya.

Melacak riwayat komunikasi dengan warga

Pemerintah tentu memiliki ribuan komplain masalah pelayanan umum yang masuk setiap harinya. Akan sulit bagi pegawai pemerintah maupun pejabat pemerintah untuk melacak laporan-laporan yang masuk dari warga. Beruntungnya, dengan menggunakan CRM, pemerintah dapat melacak keluhan-keluhan dan masukan dari warga lebih mudah. Pemerintah juga dapat dengan mudah memposisikan keluhan mana yang harus diprioritaskan berdasarkan jumlah laporan keluhan tertinggi dari warga.

Sebagai contoh, ketika warga di kota A mengeluh adanya jalan rusak, banjir dan lain sebagainya, pemerintah dapat mengkategorikan laporan tersebut pada daftar masalah yang harus mendapatkan penanganan. Kami ambil contoh laporan jalan rusak, ketika laporan masyarakat tentang jalan rusak di area tertentu ini masuk lebih cepat, sistem akan memposisikan laporan tertinggi sebagai masalah prioritas yang harus segera mendapatkan penanganan.

Ada banyak hal yang mampu didapatkan oleh pegawai pemerintah dalam implementasi CRM untuk pemerintah yang tentunya dapat bermanfaat dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kami hanya memberikan dua poin sederhana untuk memudahkan Anda dalam mencari gambaran tentang CRM untuk pemerintahan ini. Apabila memiliki pertanyaan yang lebih spesifik, jangan sungkan untuk menghubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan dengan senang hati memberikan penjelasan secara rinci terkait keamanan, manfaat dan bagaimana penerapan CRM dengan benar untuk pemerintahan di Indonesia.

Ilustrasi (c) Unsplash.com