Return to site

Pentingnya Memiliki Data Sebelum Masa Sulit Terjadi

· CRM Di Indonesia,Strategi Sales

Memiliki data sebelum masa sulit (krisis) terjadi sangat penting untuk menjaga konsistensi bisnis tetap terjaga sebaik mungkin dalam menghadapi masa sulit tersebut. Ketika perusahaan memiliki data yang berkualitas sebelum masa krisis ini terjadi, tentunya akan membantu perusahaan dan tim sales dalam menata strategi. Hal ini pula yang dibutuhkan oleh perusahaan dan tim sales ketika masa-masa sulit ini terjadi guna mempertahankan peluang yang sebelumnya sudah didapatkan. Mempersiapkan data yang berkualitas khususnya yang berkaitan dengan pelanggan dan penjalan akan meringankan beban tim sales ketika masa sulit benar-benar mereka hadapi. Contohnya adalah pada kondisi yang terjadi karena adanya pandemi COVID-19. Hampir semua lini bisnis di seluruh dunia mengalami goncangan. Harga saham mengalami penurunan serta menurunnya jumlah pembelian untuk produk-produk yang bukan termasuk kebutuhan pokok dan alat kesehatan. Di sini kami akan memberikan beberapa alasan mengapa penting memiliki data sebelum masa sulit (krisis) terjadi dan dihadapi oleh perusahaan dan tim sales.

1. Memantau dan melacak isu yang terjadi dan relevan dengan industri

Data yang Anda miliki mulai dari data prospek, data pelanggan, data pelanggan loyal, data penjualan, data produk dan semua data yang Anda simpan dapat menjadi salah satu penunjang untuk melakukan pelacakan dan pemanfaatan untuk mencari solusi yang relevan dengan industri Anda. Seperti untuk melakukan pembenahan dan penyesuaian strategi. Dengan menggunakan data ini Anda dapat lebih fokus dalam memilih metode seperti apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan bisnis Anda.

2. Mencari tahu cara pelanggan terhubung dengan brand

Data membudahkan Anda untuk melakukan identifikasi dan melihat kembali proses pelanggan datang kepada Anda. Mencari tahu cara pelanggan terhubung dengan brand akan memberikan gambaran yang sangat tepat untuk melakukan penyesuaian ketika terjadi masalah penjualan yang amat serius. Ini juga akan menjadi salah satu cara agar Anda dapat memilih metode dalam proses mencari prospek (prospecting) yang efektif.

3. Mengidentifikasi isu yang terjadi di kalangan pelanggan

Dari data yang dimiliki Anda dapat melakukan proses analisa dan identifikasi isu yang dihadapi oleh para pelanggan. Hal semacam ini perlu dilakukan untuk memberikan layanan yang berkualitas dan menyesuaikan solusi untuk pelanggan-pelanggan yang dimiliki. Hal ini juga akan membantu Anda dalam mempercepat proses negosiasi agar dapat saling menyelamatkan kondisi bisnis satu sama lain selama masa krisis terjadi.

Bagaimana cara memiliki data seperti ini?

“Sedia payung sebelum hujan” ini adalah pepatah yang tepat untuk menggambarkan kondisi yang terjadi. Sebelum masa krisis terjadi dan Anda hadapi Anda harus mempersiapkan diri dengan menggunakan sistem CRM yang dapat menyimpan semua proses penjualan dan menyimpan data pelanggan-pelanggan lama dan baru serta semua lead yang baru hingga yang prosesnya terhenti. Dengan sistem CRM berbasis cloud, Anda dapat dengan mudah menambah kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Informasi lebih lanjut mengenai sistem CRM, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com