Return to site

Tingkat Kegagalan Penjualan Terlalu Tinggi, Ini Alasannya!

Bukan karena produk, kegagalan bisa terjadi karena hal ini

· Strategi Sales,Tips Sales

Kegagalan penjualan yang rendah, dapat diartikan bahwa salesperson sukses dalam bekerja. Tetapi, jika tingkat kegagalan yang dihadapi terlalu tinggi, itu menandakan ada hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari tim sales dan harus segera dibenahi. Ketika tingkat kegagalan dalam mencapai penjualan yang dihadapi terlalu tinggi, bisa jadi ini menandakan bahwa tim sales sedang berada pada strategi penjualan yang salah. Produktivitas tim yang rendah atau proses penjualan yang tidak tepat. Untuk itu, sangat penting bagi salesperson dan sales leader memahami apa saja yang membuat tingkat kegagalan penjualan terlalu tinggi. Di sini, kami akan memberikan beberapa alasan mengapa tingkat kegagalan tersebut memiliki tingkat yang lebih tinggi.

1. Tidak memberikan kepercayaan pada prospek

Apa yang diberikan oleh salesperson tidak membuat prospek percaya. Sehingga, apapun yang disampaikan oleh salesperson selama pendekatan hanya dianggap sebagai penjelasan biasa yang tidak dapat memberikan solusi. Hal ini pun membuat salesperson gagal dalam menghasilkan penjualan karena tidak ada rasa percaya dari prospek.

2. Terlalu banyak lead

Kegagalan yang sering terjadi dan membuatnya terlihat sangat tinggi adalah ketika salesperson dan marketing hanya memikirkan jumlah yang didapatkan dibandingkan dengan memilih lead berdasarkan kualitas. Bagaimana mungkin salesperson akan menghasilkan penjualan apabila tidak dapat memilih prospek yang berkualitas? Sebanyak apapun, jika sudah tidak sesuai, maka hasilnya akan sama yaitu gagal closing.

3. Tidak memiliki komitmen

Ketika Anda sudah berjanji maka tepati, jika Anda sudah mengatakan siap, maka tunjukkan kesiapan Anda. Jangan hanya menjadikan kata-kata untuk menarik perhatian tetapi tidak pernah Anda lakukan dengan meningkatkan landasan komitmen yang jelas. Komitmen Anda akan menjadi nilai jual utama untuk keberhasilan penjualan, jika komitmen Anda dari awal sudah buruk, maka hasilnya akan buruk pula terhadap penjualan Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa tingkat kegagalan penjualan Anda sangat tinggi. Mulailah untuk memperbaiki cara Anda dalam memproses penjualan dengan menghindari tiga hal diatas menggunakan sistem CRM. Dengan sistem CRM, Anda dapat mengelola hubungan pelanggan yang baik, dapat memantau setiap hal yang terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan agar tercapai penjualan. Informasi lebih lanjut mengenai CRM, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Flickr.com Creative Commons