Return to site

3 Alasan Ini Waktu Yang Tepat Bagi UMKM Menggunakan CRM

· Tips Sales

Pandemi COVID-19 yang terjadi dalam satu tahun terakhir telah mengubah bisnis untuk bisa bekerja dengan memaksimalkan teknologi sebagai bagian dari proses. Banyak bisnis yang enggan memanfaatkan keberadaan teknologi selama pandemi, mereka memiliki potensi besar untuk gagal bertahan. Ancaman ini tentunya semakin besar jika kita melihat kondisi UMKM di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Bisnis kecil dan menengah (UKM) telah terpengaruh secara tidak proporsional oleh pandemi global karena harus beradaptasi untuk tetap menjadi yang pertama diingat tanpa akses langsung ke pelanggan. Dari sebagian banyak UMKM/UKM yang ada di Indonesia, mereka masih belum menyadari bagaimana pentingnya CRM untuk bisnis mereka. Sedangkan bagi mereka yang sudah mengadopsi CRM atau memutuskan untuk menggunakan CRM selama pandemi, mereka lebih berhasil bertahan dan memiliki lebih banyak pelanggan.

Alasannya, UMKM yang telah memanfaatkan solusi CRM ini telah terbantu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, keterlibatan dan retensi jauh lebih baik daripada mereka yang tidak. Seperti yang kita ketahui, mempertahankan hubungan dengan pelanggan adalah jalur kehidupan bagi perusahaan mana pun, apa pun industrinya. Memanfaatkan CRM baik untuk bisnis, karena ada perbedaan besar antara mereka yang berkembang dan yang berjuang untuk bertahan hidup antara yang tidak menggunakan CRM dan yang tidak. Berikut adalah beberapa alasan mengapa UMKM/UKM perlu menggunakan solusi CRM.

1. CRM Memberi UKM Harapan Untuk Meningkatkan Keunggulan

Teknologi CRM telah lama dianggap sebagai alat penting untuk semua bisnis. Tetapi dengan tantangan operasional baru karena batasan kesehatan dan keselamatan, menjadi penting untuk tetap bertahan. Ini tidak hanya memberdayakan pengalaman pelanggan, tetapi juga mendorong pendapatan dan memberi UKM keunggulan kompetitif. Hubungan pelanggan yang tidak bisa dilakukan secara face to face selama pandemi bukan alasan untuk tidak terhubung dengan pelanggan. Dengan sistem CRM, Anda dapat mengelola hubungan dengan baik dan tidak ada satu pelanggan pun yang tidak bisa Anda hubungi. Inilah yang dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan yang kemudian akan membantu UMKM bertahan ditengah sulitnya menjalankan proses penjualan.

2. Majemen Proses Penjualan dan Pelanggan Yang Lebih Sederhana

Salah satu alasan utama mengapa UKM lebih baik berinvestasi dalam solusi CRM adalah kemampuannya menyederhanakan manajemen pelanggan dengan memusatkan data pelanggan. Platform CRM dapat merampingkan penyimpanan data pelanggan dalam satu halaman, yang dapat diakses oleh semua departemen dan memberikan pandangan lebih luas kepada pelanggan secara real time. Hal ini mengurangi waktu yang terbuang untuk mencari informasi pelanggan yang akurat, memungkinkan tim dalam mengakses dengan cepat data yang diperlukan untuk mendukung pelanggan sambil mendorong nilai, keterlibatan, dan penjualan. Dengan proses yang disederhanakan, CRM dapat meningkatkan produktivitas secara drastis dan menghasilkan lebih banyak prospek berkualitas.

3. Strategi Penjualan yang Maksimal

Aplikasi CRM dapat membantu meningkatkan penjualan, produktivitas proses penjualan dan akurasi perkiraan penjualan. Dengan bantuan CRM untuk menemukan di mana pelanggan saat ini dan calon pelanggan dengan mudah, tim dapat memprioritaskan siapa yang harus dihubungi sambil tetap pada jalur untuk memastikan prospek penting tidak terlewati. Dengan mengidentifikasi dan melibatkan kembali pelanggan yang tidak aktif melalui kampanye email marketing, pelanggan akan tetap terlibat pada waktu yang tepat untuk menghasilkan respons yang optimal.

Didukung dasbor laporan dan akses ke riwayat pelanggan, solusi CRM membuat sales pipeline perusahaan lebih akurat. Setiap tahap siklus pelanggan dapat dipantau dan ditindaklanjuti dengan memastikan keselarasan strategis di seluruh bisnis.

Ilustrasi (c) Unsplash.com