Return to site

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan Sistem CRM Untuk Bisnis Anda

· CRM Indonesia

Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) tetap menjadi alat bisnis yang penting untuk Anda. Banyak perusahaan yang berusaha untuk meningkatkan bisnisnya namun mereka tidak memperhatikan bagaimana CRM dapat membantu pertumbuhan bisnisnya. Sedangkan bagi mereka yang menggunakan platform CRM dapat bergerak cepatdalam proses pertumbuhan dan selalu siap untuk bersaing guna mencapai peningkatan dalam penjualan, konversi, dan tingkat retensi pelanggan.

Sederhananya, Sistem CRM adalah platform dengan seperangkat alat dan teknik digital yang digunakan pelaku bisnis untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan hubungan pelanggan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa CRM dapat meningkatkan potensi hasil dari pemasaran dan proses penjualan.

1. Integrasi Email, Media Sosial, dan Perpesanan

Penelitian menunjukkan bahwa pelanggan modern menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan pencarian produk dan layanan secara online daripada di toko fisik. Oleh karena itu, bisnis yang menginginkan kehadiran pelanggan harus menggunakan alat yang memungkinkan perusahaan tersedia secara online dan CRM melakukan hal itu.

Terintergrasinya sistem dengan aplikasi pihak ketiga, seperti email dan media sosial, bisnis mendapatkan manfaat dari otomatisasi pemasaran. Sales representatif tidak harus mengirim email secara manual atau berkomunikasi dengan klien di media sosial, perangkat lunak CRM memilih kampanye dan mengirim email yang dipersonalisasi sendiri. Untuk prospek dan pelanggan, ini meningkatkan keterlibatan dan mengkomunikasikan produk baru atau relevan kepada audiens.

CRM juga memudahkan pengiriman pengingat pesan otomatis tentang penawaran yang akan datang, perubahan waktu pengiriman atau ketika ada event. Menggunakan bentuk komunikasi paling populer membantu bisnis meningkatkan retensi pelanggan, mengurangi biaya operasional, mendapatkan data yang lebih relevan untuk pemasaran yang ditargetkan dan memberikan standar layanan pelanggan yang lebih tinggi.

2. Kemudahan dalam memantau, menelusuri, memperbarui data pelanggan

CRM juga menyimpan informasi pelanggan yang dipersonalisasi dalam database untuk digunakan dalam kampanye pemasaran dan untuk penyesuaian dalam menjangkau pelanggan. Platform ini sangat komprehensif sehingga hampir semua pengunjung situs Anda, setiap anggota tim dapat melihat aktivitas masa lalu mereka selama bertahun-tahun, termasuk halaman apa pun yang mereka kunjungi, pembelian yang mereka lakukan, atau email yang mereka kirimkan kepada Anda. Semua data ini menjadi sangat berguna untuk wawasan yang membantu memperluas audiens Anda lebih jauh.

3. Panggilan dan jadwal meeting

Mengintegrasikan CRM dengan layanan telepon dapat membuat penjadwalan panggilan dan video meeting yang sangat mudah. Ini tidak hanya meningkatkan tingkat jangkauan audiens, yang baik untuk bisnis, tetapi juga meningkatkan kualitas jumlah waktu yang dihabiskan tim Anda untuk hal-hal lain. Layanan telepon dapat dihubungkan dengan sistem CRM dan data yang dibagikan melalui telepon menjadi bagian dari riwayat keterlibatan pelanggan Anda, yang kemudian disimpan dalam sistem untuk digunakan di masa yang akan datang.

Ilustrasi (c) Unsplash.com