Return to site

3 Alasan Mengapa Data CRM Harus Berkualitas

Memperbaiki kualitas data untuk proses penjualan yang lebih baik

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Jika kualitas data CRM Anda berada pada persentase 85-95% itu artinya Anda berada pada posisi yang benar dalam menjaga kualitas data. Namun, jika persentasenya berada pada 75-85% Anda perlu memperbaiki kualitas data dalam CRM Anda. Terlebih lagi jika persentasenya 70% atau lebih rendah, ini berarti tim sales perlu memperbaiki semua data-data yang dimasukkan dalam CRM dengan membersihkan sistem dari data-data yang tidak berguna. Karena, data yang tidak berkualitas akan merugikan dan membuat tim sales bekerja lebih lambat. Alasan lain mengapa Anda harus membersihkan data CRM dari data tidak berkualitas adalah sebagai berikut:

1. Untuk menghemat biaya dan waktu

Waktu selalu dihubungkan dengan uang, ketika Anda lambat memproses negosiasi dengan prospek, Anda kehilangan potensi penjualan. Sedangkan jika Anda terlalu lama menjalani proses dengan prospek, Anda membuang-buang waktu dan biaya. Begitu juga dalam penanganan data, data yang Anda simpan dalam media penyimpanan/sistem. Semakin besar jumlah data tidak berkualitas dalam sistem, maka Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk menambah media penyimpanan data. Yang artinya Anda harus membeli perangkat baru untuk menyimpan data tersebut. Sedangkan jika menggunakan cloud, tentu Anda harus membayar lebih untuk menyimpan data tersebut.

Ini akan berbeda jika Anda memilih untuk menyimpan data berkualitas saja. Space untuk menyimpan data lebih banyak dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyaring data di kesempatan lain.

2. Untuk menyerap prospek potensial lebih banyak serta meningkatkan retensi penjualan dari pelanggan lama

Data-data tentang prospek dan pelanggan yang berkualitas memudahkan tim sales untuk memilih prospek potensial dan mempersiapkan strategi yang efektif guna mendatangkan kembali pelanggan-pelanggan lama yang belum melakukan pembelian ulang.

Dengan strategi seperti ini, tentu perusahaan mendapatkan keuntungan yang berlipat dari hasil penjualan. Perusahaan pun memiliki program yang jelas untuk menciptakan strategi-strategi efektif lainnya berbasis data guna menambah persentase pertumbuhan bisnis dan penjualan.

3. Untuk menghindari pengiriman materi marketing atau penawaran ganda

Dengan data yang berkualitas, tim marketing maupun tim sales dapat menghindari pengiriman materi pemasaran atau pun dalam mengirimkan penawaran ganda kepada prospek maupun pelanggan. Bagaimanapun juga, pengiriman materi iklan yang berulang-ulang kepada prospek maupun pelanggan yang sama akan selalu berimbas pada menurunnya kepercayaan dari prospek dan juga pelanggan.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus menghindari data yang tidak berkualitas pada CRM Anda. Masih kurang puas dengan artikel ini? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com, tim kami akan menjelaskan lebih detail mengapa harus data yang berkualitas yang ada pada CRM Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK