Return to site

3 Cara Mengurangi Penggunaan Budget Marketing B2B

Raih hasil pemasaran yang maksimal di saat perusahaan perlu menekan budget marketing

· Tips Marketing

Perusahaan yang menargetkan pelanggan B2B memiliki banyak tantangan untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat meningkatkan penjualan. Terlebih lagi, pasang surut bisnis dan pertumbuhan kompetitor yang berbeda setiap bulannya menambah beban yang sangat besar terhadap pemilik perusahaan dan juga tim. Perusahaan tidak akan bisa menggunakan modal usaha untuk keperluan marketing dalam jumlah besar secara terus menerus. Perusahaan perlu mengurangi budget pemasaran disaat strategi penjualan yang diandalkan belum mencapai hasil yang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan perlu memikirkan cara terbaik agar bisa mendapatkan pelanggan dengan mengurangi pembiayaan marketing yang terlalu besar. Apa saja yang perlu dilakukan?

1. Membuka layanan uji coba gratis (free trial) kepada prospek

Pelanggan tidak mudah percaya kepada perusahaan yang ia temukan sebelum mendengar rekomendasi dari rekan-rekannya. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan dapat memberikan metode pemasaran free trial untuk produk/layanan yang ditawarkan. Dengan metode ini, pelanggan yang melakukan uji coba di awal akan mempertimbangkan produk/layanan ketika ia merasa bahwa kebutuhannya dapat terpenuhi.

Anda tentu paham betul bagaimana metode pemasaran dengan free trial ini. Sebagian memberikan waktu 1 bulan dapat mengakses secara penuh, sebagiannya lagi tanpa memberikan batas waktu tetapi menutup fitur-fitur penting yang nantinya memaksa pelanggan untuk menaikkan versi layanan yang digunakan.

2. Guide and education sharing document

Apakah Anda sering mengunduh dokumen e-book dari berbagai perusahaan yang memberikan tips-tips menjalankan bisnis atau tips-tips lainnya? Apakah Anda sadar bahwa Anda sudah menjadi target pemasaran dari perusahaan tersebut? Kebanyakan orang yang mengunduh dokumen tidak sadar bahwa ia masuk pada daftar target pelanggan pemberi dokumen. Mengapa? Ketika Anda diminta untuk mengisi formulir seperti nama, alamat email dan nomor handphone/telepon kantor sebelum membuka URL tempat mengunduh file, di situlah Anda sudah masuk daftar kontak yang akan menerima penawaran perusahaan di masa yang akan datang. Anda juga perlu menjalankan cara yang sama jika ingin meningkatkan kualitas pemasaran untuk bisnis Anda.

3. Personalisasi pelanggan

Personalisasi pelanggan adalah cara terbaik untuk menemukan target, profil pelanggan dan juga target pelanggan yang ingin Anda dapatkan saat menjalankan pemasaran. Ketika Anda sudah menemukan profil pelanggan dan target, konten pemasaran dan media yang perlu Anda pakai pun semakin mudah untuk ditentukan agar sejalan dengan target yang ingin Anda capai. Menjalankan strategi ini dapat mengurangi jangkauan prospek yang tidak diperlukan untuk menghemat pengeluaran marketing namun dapat meningkatkan penjualan dari prospek potensial sesuai kebutuhan perusahaan.

Itulah beberapa cara untuk menentukan strategi pemasaran B2B yang efektif untuk Anda. Ingin tahu cara terbaik agar personalisasi pelanggan lebih mudah? Solusi tersebut adalah dengan menggunakan analytics tools baik itu analytics website, analytics marketing serta analytics untuk pelanggan dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM). Cari tahu lebih lanjut mengenai CRM dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com