Return to site

Cara Memaksimalkan Penggunaan CRM Tanpa Jasa Ahli Analisis

Tak perlu ahli analisa data, cukup lakukan hal ini jika ingin memaksimalkan CRM

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Perlukah menggunakan jasa ahli analisis untuk memaksimalkan penggunaan CRM? Secara umum, jawabannya iya. Tetapi, penggunaan jasa ahli analisis di sini bukan untuk diprioritaskan. Anda boleh menggunakan jasa ahli analisis jika memang kondisi di perusahaan sangat tidak memungkinkan untuk menganalisa data perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan Anda masih baru atau sumber daya yang masih minim atau belum memahami CRM sepenuhnya.

Tetapi, jika Anda memiliki sumber daya yang cukup dan tim sudah memahami fungsi dasar dari CRM, Anda sudah dapat membawa tim untuk mengoptimalkan CRM sendiri. Anda sebagai sales leader atau pimpinan perusahaan yang menangani tim sales dan marketing secara langsung, perlu menerapkan beberapa hal berikut ini sebagai langkah pertama agar dapat mengoptimalkan penggunaan CRM untuk bisnis Anda. Karena, optimasi CRM ini dapat berpengaruh besar terhadap loyalitas pelanggan serta untuk menungkatkan conversion rates penjualan Anda. Apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan data CRM tanpa harus menggunakan jasa ahli analisis?

1. Mengawali kerjasama dan hubungan dengan menjunjung tinggi kejujuran

Kepercayaan yang diberikan oeh pelanggan harus bisa Anda balas dengan kejujuran. Jika Anda ingin menawarkan produk unggulan, pastikan semua fitur yang Anda berikan kepada pelanggan adalah fitur unggulan. Jangan sampai, Anda mengatakan bahwa produk yang ditawarkan adalah produk unggulan, nyatanya produk tersebut adalah produk yang berada di bawah produk unggulan. Lambat laun pelanggan akan menyadari ketidakjujuran Anda kepada mereka. Ini terjadi karena pelanggan tidak akan pernah berhenti untuk memantau produk yang Anda tawarkan.

2. Menjaga kualitas produk

CRM yang Anda miliki tidak dapat bekerja sendiri untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik atau penjual produk perlu menjaga kualitas produk dan layanan agar Anda memiliki data yang berkualitas untuk memantau kepuasan pelanggan-pelanggan saat ini. Ketika kualitas produk Anda mengalami penurunan, pelanggan akan kecewa. Data yang Anda masukkan pun menjadi kurang berkualitas. Alasannya, kualitas produk yang terdapat pada data CRM tidak sesuai dengan data hasil tingkat kepuasan pelanggan.

3. Memahami kebutuhan pelanggan dengan segmentasi dan personalisasi

Customer Relationship Management (CRM) memiliki fungsi dasar untuk mengetahui tingkat kebutuhan pelanggan melalui hubungan. Untuk itu, Anda perlu melakukan segmentasi dan personalisasi pelanggan agar antara hubungan yang Anda bangun sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan solusi Anda pun sesuai untuk menyelesaikan masalah pelanggan.

4. Cepat dalam memberikan respon keluhan pelanggan

Untuk mencapai kesuksesan dalam implementasi CRM, Anda perlu memperbaiki cara dalam memberikan respon ketika pelanggan mengalami masalah. Jika Anda hanya memikirkan penjualan dan tidak memperhatikan keluhan pelanggan, CRM yang Anda miliki pun sia-sia.

Itulah cara untuk memaksimalkan implementasi Customer Relationship Management (CRM) perusahaan Anda tanpa harus menggunakan jasa ahli analisis. Butuh masukan lebih banyak sebelum memutuskan untuk menggunakan CRM? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK