Return to site

3 Cara Untuk Mencapai Closing Yang Lebih Baik

Memperbaiki kualitas pendekatan untuk menghasilkan penjualan

· Tips Sales

Apakah Anda merasa kesulitan untuk bisa mencapai closing penjualan dengan cara yang lebih baik dan efisien? Ini merupakan hal yang biasa terjadi dalam dunia sales, apalagi bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman sales sebelumnya. Mereka sepakat bahwa closing adalah proses yang paling sulit dalam proses penjualan. Padahal, closing tidak selamanya sulit jika kita sebagai sales bekerja dengan tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menghasilkan closing penjualan dengan baik.

1. Hindari hard selling

Hard selling merupakan metode penjualan yang sudah tidak lagi efektif untuk menghasilkan penjualan. Daripada Anda menggunakan hard selling untuk mencapai penjualan, sebaiknya Anda mulai untuk memperhatikan teknik penjualan soft selling, teknik penjualan dengan metode konsultatif dan lain sebagainya. Jika Anda masih mempertahankan hard selling, ini tentu akan tetap sulit bagi Anda untuk meningkatkan penjualan.

2. Belajar memahami prospek yang siap melakukan pembelian

Setiap prospek memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda, Anda harus bisa mengenali karakter dari masing-masing prospek tersebut. Dengan mengenali karakter prospek yang siap untuk melakukan pembelian dan tidak, Anda akan lebih banyak menghemat waktu dalam proses negosiasi dan dapat mempercepat pertumbuhan penjualan.

3. Jangan menjawab pertanyaan prospek dengan kata YA dan TIDAK

“Pak apakah produk ini bagus?”, “Ya,”, “Apakah kualitasnya terjamin”, “Ya”, jawaban seperti ini merupakan jawaban yang dapat menjadi awal ketidaktertarikan prospek terhadap produk Anda. Daripada Anda hanya memberikan jawaban yang singkat seperti itu, sebaiknya Anda memberikan jawaban yang lebih deskriptif untuk membuka kepercayaan prospek. Misal, Anda dapat memberikan jawaban ya, tetapi kemudian Anda berikan alasan-asalan yang memang dimilki oleh produk, bukan hanya sekedar kata ya tapi tidak dapat dibuktikan setelah prospek melakukan pembelian/menjadi pelanggan.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas closing yang dapat kemi berikan kepada Anda. Semoga tips ini dapat membantu Anda memperbaiki penjualan dengan lebih baik. Apabila Anda memiliki tips-tips lain yang ingin ditambahkan, Anda dapat menambahkan pada kolom komentar di bawah ini. Jika Anda menyukai artikel-artikel kami, silakan daftarkan email Anda form subscribes di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly