Return to site

3 Hal Yang Dapat Meningkatkan Produktivitas

Ingin lebih produktif? Ikuti saran-saran ini!

· Motivasi,Leadership

Anda merupakan salesperson yang sangat sibuk atau mungkin leader yang memiliki banyak jadwal dan kegiatan untuk pengembangan tim? Tentu hari-hari Anda akan sangat menguras banyak tenaga dan pikiran. Jika salah dalam mengelola waktu yang dimiliki, kita akan mengalami proses dimana kita tidak dapat bekerja dengan semestinya. Artinya, apapun yang kita kerjakan menjadi tidak terorganisir dan memakan banyak waktu. Padahal, tugas kita sebagai sales dan leader adalah untuk meningkatkan potensi penjualan dan pengembangan tim yang seharusnya bisa dimaksimalkan agar dapat memberikan solusi ketika mengalami kendala penjualan.

Kegagalan dalam mengelola waktu seperti ini akan berdampak pada menurunnya kualitas kita dalam bekerja. Setiap apa yang kita kerjakan menjadi sulit untuk dimaksimalkan. Produktivitas yang diinginkan pun hanya akan menjadi proses yang tidak memiliki arti tanpa upaya untuk mengubahnya. Jika memang Anda ingin mengubah proses sebelumnya agar dapat menjadi proses yang lebih meningkatkan produktivitas untuk tim sales maupun bagi salesperson itu sendiri, berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan!

1. Membiasakan diri untuk bekerja dengan teratur

Kita sering kali bekerja tidak memiliki perencanaan yang baik, karena apa yang kita kerjakan umumnya adalah mengikuti pola yang ada tanpa ada jadwal yang jelas. Untuk mengubah cara Anda dalam bekerja, sebaiknya Anda mulai mengelola diri Anda sendiri seperti membuat jadwal atau membatasi waktu meeting, follow up dan mengurangi hal-hal yang tidak diperlukan seperti ngopi berlebihan saat di luar kantor. Ikuti peraturan yang sudah Anda buat sendiri tersebut misal dengan to do list, sehingga Anda akan terbiasa bekerja tepat waktu dan lebih produktif.

2. Fokus pada apa yang Anda bisa terlebih dahulu

Sesuatu yang sulit untuk kita dapatkan akan menyita banyak waktu. Hal seperti ini berlaku untuk hal apa pun. Mengerjakan soal di sekolah atau di kampus, kita sudah diajarkan untuk mengejakan apa yang mudah terlebih dahulu. Sehingga, ketika yang mudah lebih cepat diselesaikan, kita memiliki banyak waktu untuk mengerjakan yang sulit. Jika yang sulit yang kita kerjakan, waktu yang dimiliki habis untuk mengerjakan yang sulit tersebut dan dapat berimbas pada kehilangan kesempatan untuk mengerjakan yang mudah dengan baik.

Dalam dunia bisnis dan penjualan, jika Anda memiliki potensi untuk mencapai penjualan pada orang yang memiliki minat, kebutuhan dan solusi yang sesuai dengan produk Anda, merekalah yang harus Anda prioritaskan terlebih dahulu. Karena minat mereka terhadap produk Anda akan memberikan jawaban yang lebih cepat dalam proses penjualan.

3. Mengorganisir apa yang harus Anda lakukan hari ini dan dalam setiap pekan

Memiliki perencanaan apa yang harus Anda kerjakan hari ini, apa saja yang harus Anda capai dalam satu minggu, berapa banyak penjualan yang ingin Anda dapatkan, semua harus bisa Anda simpan dalam satu tempat yang terorganisir. Jika Anda hanya bekeja tanpa memiliki jadwal, dan bekerja apa adanya, bukannya Anda dapat bekerja produktif, tetapi justru akan lebih sering mengulur waktu. Penggunaan sistem CRM untuk mengorganisir tim adalah solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan seperti ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly