Return to site

Fungsi Membuat To-Do List Untuk Salesperson

Kekuatan to-do list dalam melancarkan pekerjaan sales

· Tips Sales

To-do list atau daftar yang harus dikerjakan merupakan salah satu metode perencanaan yang perlu dilakukan oleh setiap salesperson untuk mengatur/mengelola dirinya agar dapat bekerja sesuai perencanaan. Banyak salesperson yang mengabaikan cara ini karena menganggap tidak ada yang salah dengan apa yang ia kerjakan selama ini. Padahal, to-do list bukan untuk mencari kesalahan atas apa yang dikerjakan melainkan untuk mengatur kebiasaan salesperson dalam bekerja. Selain itu, fungsi to-do list pun tidak hanya berlaku pada hal tersebut saja. Berikut adalah beberapa fungsi dari to-do list yang dibuat oleh salesperson.

1. Memudahkan salesperson dalam bekerja

Pembuatan daftar pekerjaan setiap hari seperti ini akan memberikan kesempatan bagi salesperson untuk menyusun strategi. Sehingga, ada kesiapan yang akan dirasakan oleh salesperson dalam bekerja apabila dilengkapi dengan menerapkan daftar to-do list. Yang artinya, setiap pekerjaan akan lebih mudah untuk dijalani.

2. Media pengingat

Jadwal tidak sesuai dengan perencanaan seringkali membuat salesperson lupa bahwa ada hal yang belum ia selesaikan. Dengan menerapkan metode ini, apa yang belum selesai dikerjakan kemarin masih dapat dilihat kembali. Cara ini juga dapat mencegah terjadinya kesalahan karena lupa. Artinya, metode ini menjadi media pengingat bagi salesperson di saat dirinya sedang sibuk karena banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya.

3. Menjamin proses sesuai dengan masuknya prospek

Prospek yang sudah masuk satu minggu yang lalu belum dilayani, sedangkan prospek yang baru tiga hari lalu sudah mendapatkan pelayanan. Bayangkan jika prospek yang sudah satu minggu tersebut merupakan prospek yang sangat potensial tetapi tidak mendapatkan pelayanan? Bukankan itu akan menjadi kerugian untuk Anda? Dengan membuat daftar yang selalu Anda perbarui dengan berdasarkan data sebelumnya menjadikan proses untuk melayani prospek yang masuk terlebih dahulu akan lebih terjamin. Salesperson pun dapat menyelamatkan potensi dari setiap prospek yang didapatkan.

4. Melatih agar dapat bekerja dengan disiplin

Hal paling penting dalam membuat daftar ini adalah untuk membiasakan diri bekerja dengan disiplin tanpa melewati proses-proses penting dengan prospek dan pelanggan. Apabila Anda disiplin, pelanggan/prospek senang, perusahaan semakin cepat tumbuh dan karir Anda sebagai sales pun akan semakin cepat meningkat.

Itulah beberapa fungsi dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan/to-do list yang dapat kami berikan. Dukungan perusahaan untuk melatih tim sales membuat daftar ini sangat penting. Ada banyak tools/aplikasi yang bisa digunakan oleh perusahaan dan tim agar dapat menerapkan cara ini. Namun, kami sangat merekomendasikan Anda untuk memilih aplikasi Customer Relationship Management (CRM). Karena, aplikasi ini memiliki peran penting terkait cara kerja tim sales dalam menghubungi pelanggan-pelanggan. Butuh informasi lebih lanjut atau ingin mencoba layanan CRM secara gratis untuk periode tertentu? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Flickr.com Creative Commons