Return to site

Tips Untuk Sales Newbie: Menangani Komplain Pertama

Jangan takut menghadapi komplain, tetap percaya diri dan yakin bahwa Anda bisa mengatasinya dengan baik!

· Motivasi

Menangani komplain pertama kali akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi salesperson yang baru saja menjalani karir dalam dunia penjualan. Meskipun terdengar menakutkan, Anda tidak perlu takut maupun khawatir, karena kunci utama keberhasilan menangani komplain adalah pelayanan dan solusi. Jika Anda menghindari komplain, itu artinya Anda tidak siap untuk menjadi seorang salesperson yang profesional. Sebagai sarana untuk membantu Anda menghadapi komplain pertama dari prospek maupun pelanggan, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar komplain prospek/pelanggan berubah menjadi nilai kepuasan yang tak ternilai.

1. Mendengarkan dengan cermat (komplain melalui telepon)

Hal pertama ketika Anda mendapatkan komplain dari prospek/pelanggan adalah dengan mendengarkan komplain-komplain mereka dengan cermat dan seksama. Tujuannya agar Anda mengerti apa yang menjadi masalah utama dari prospek/pelanggan sehingga mereka memberikan komplain. Melalui sikap mendengarkan yang baik ini pula prospek/pelanggan akan lebih peduli dan menjaga kepercayaan mereka kepada Anda. Selain itu, dengan mendengarkan pula, Anda dapat memberikan jawaban/tanggapan dan juga solusi yang tepat bagi prospek/pelanggan selama panggilan berlangsung.

2. Fokus pada fakta yang dirasakan oleh prospek/pelanggan

Anda yang memiliki banyak pelanggan dan layanan tentu juga akan kesulitan untuk memantau semua layanan tetap berjalan dengan baik. Untuk itu, fokus pada apa yang dirasakan oleh pelanggan/prospek saat mereka melakukan komplain. Sehingga, Anda mengerti bagian mana yang terdapat kekurangan. Anda juga harus menerima fakta, bahwa satu atau dua komplain dari pelanggan ini adalah merupakan bukti perusahaan/produk/layanan memiliki kelemahan yang perlu diperbaiki.

3. Berkonsultasi dengan orang yang lebih pengalaman

Anda tahu menghadapi komplain dari pelanggan dapat menjadi salah satu hal yang dapat menyulut emosi. Terlebih lagi bagi Anda yang saat ini masih menyandang status sebagai salesperson baru. Hindari menghadapi komplain dan cacian pelanggan dengan emosi, tetapi mulailah dengan berkonsultasi kepada tim-tim lain yang lebih berpengalaman untuk mengambil tindakan menghadapi komplain dari pelanggan dengan cara yang lebih baik.

4. Membuat perencanaan untuk memberikan solusi maupun kapan harus menghubungi untuk konfirmasi

Setiap komplain perlu dihadapi dengan perencanaan yang baik agar Anda sadar bahwa pelanggan merupakan aset penting yang harus Anda layani dengan baik. Jika memang Anda tidak dapat menyelesaikan masalah prospek/pelanggan hari ini, maka Anda perlu membuat perencanaan kapan perusahaan akan memberikan solusi kepada mereka. Kemudian, atur jadwal untuk menghubungi pelanggan/prospek sebagai bentuk konfirmasi dan informasi bahwa perusahaan sedang mengerjakan atau memproses komplain pelanggan/prospek agar menemukan solusi yang terbaik.

Itulah beberapa tips untuk Anda yang baru mendapatkan komplain pertama dari pelanggan. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu menjadikan Anda sebagai salesperson yang lebih bijak dalam menghadapi komplain pelanggan. Ingin mendapatkan tips-tips lain dari kami? Silakan ikuti kami dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK