Return to site

Hal-Hal Yang Berpengaruh Terhadap Produktivitas Penjualan

Bukan hanya cepat, produktif adalah efisien dan efektif dalam bekerja

· Tips Sales

Produktivitas adalah tindakan yang dilakukan oleh setiap orang untuk mempersingkat waktu dalam bekerja namun dapat menghasilkan lebih banyak tanpa mengurangi kualitas. Produktif bagi sales tentu adalah proses yang lebih cepat tetapi penjualan dan kualitas pelanggan yang didapatkan pun tetap baik. Meskipun terdengar sangat sederhana, untuk meningkatkan produktivitas sales perlu strategi yang tepat. Selain strategi, berikut adalah beberapa hal yang dapat berpengaruh pada produktivitas tim sales untuk mencapai penjualan yang lebih baik.

1. Berpikir dengan cepat dan tepat

Tim sales harus dapat berpikir dengan cepat untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh prospek, berpikir dengan cepat untuk menentukan solusi dan lain sebagainya. Tetapi, Anda tidak boleh hanya berpikir dengan cepat saja. Anda juga perlu memperhatikan ketepatan dalam berpikir. Bahkan ketepatan ini akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan sales dalam menarik perhatian dan kepercayaan prospek.

2. Mampu mengambil keputusan

Jangan hanya menjadi salesperson yang mengikuti permainan negosiasi yang dilakukan oleh prospek. Anda perlu membuat keputusan kapan harus melanjutkan proses, kapan harus mengakhirinya. Kapan harus memfollow up dan kapan harus menunda. Semua keputusan ini akan berimbas pada waktu proses yang diperlukan. Semakin mengikuti permainan prospek, semakin lama pula proses yang harus diikuti yang akan merugikan Anda ketika tidak terjadi penjualan seperti yang diharapkan.

3. Energi dalam bekerja

Buatlah jadwal untuk meeting sesuai dengan zona yang sama dengan prospek satu dan yang lainnya. Karena dengan cara ini Anda dapat menghemat energi yang dimiliki agar dapat mengerjakan proses sebaik mungkin. Contoh, jika Anda memiliki prospek di Jakarta Selatan, jadwalkan meeting sesuai zona ini. Jangan sampai, membuat jadwal meeting dari 4 prospek yang berbeda-beda seperti 1 di Jakarta Selatan, 1 di Jakarta Timur, 1 di Bekasi dan 1 lagi di Tangerang. Ketika Anda melakukan hal seperti ini sudah pasti akan menyita banyak waktu dan energi Anda dan membawa pada kegagalan untuk meningkatkan produktivitas dalam penjualan.

4. Menjaga kualitas prospek

Prospek yang harus Anda prioritaskan adalah prospek yang sesuai dengan profil produk/layanan berdasarkan kebutuhan dan solusi. Dengan menyaring prospek berdasarkan profil ini pula Anda dapat menghemat banyak waktu dalam bernegosiasi serta mempercepat proses jika prospek sudah cocok dengan produk Anda.

5. Implementasi CRM

Pantau proses dan buatlah jadwal yang lebih mudah dengan bantuan aplikasi Customer Relationship Management (CRM). Dengan bantuan aplikasi ini, ada banyak hal yang sebelumnya sulit untuk dilakukan oleh salesperson menjadi hal yang lebih sederhana dan mengurangi waktu dalam menganalisa data.

6. Mengambil waktu untuk liburan

Liburan itu penting untuk menjaga mindset positif dalam diri Anda. Dengan melakukan liburan di akhir pekan Anda dapat memaksimalkan waktu untuk bersama keluarga atau untuk berlibur ke tempat rekreasi agar dapat menyegarkan pikiran Anda karena rutinitas yang itu-itu saja. Sehingga, ketika Anda kembali ke kantor di awal pekan, pikiran Anda sudah jernih kembali dan lebih siap untuk menghadapi tantangan penjualan.

Itulah tips-tips untuk meningkatkan produktivitas penjualan yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga tips ini membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Jika Anda membutuhkan provider CRM yang terpercaya dengan server lokal, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK