Return to site

Tips Untuk Meningkatkan Lead Scoring

Mencari poin penting dari masing-masing prospek

· Sales Strategy

Lead scoring adalah metodologi yang digunakan untuk menentukan peringkat seorang prospek dengan tujuan untuk memajukan posisi lead yang berkualitas atau yang memiliki kemungkinan closing lebih cepat. Lead scoring juga membantu tim sales untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk melayani atau menunggu prospek yang kurang siap melakukan pembelian. Sehingga, tim sales dapat meningkatkan potensi penjualan yang lebih baik dalam setiap proses yang ia jalani.

Setiap perusahaan memiliki model atau tipe yang berbeda dalam menetapkan poin untuk menilai masing-masing lead yang mereka miliki. Salah satu cara yang paling efektif dalam meningkatkan lead scoring adalah dengan menggunakan data dari lead itu sendiri seperti ciri, kualitas, karakteristik, demografi, lokasi dan hal-hal apa saja yang dapat memberikan kontribusi paling besar agar mereka segera melakukan pembelian. Untuk menemukan data tersebut, salesperson/sales representatif perlu menjawab beberapa pertanyaan ini.

  1. Dari masing-masing data, manakah yang dimiliki oleh prospek dengan tingkat kecocokan yang paling tinggi?
  2. Apa hubungan yang memiliki kesamaan antara produk dan kebutuhan prospek?
  3. Pertimbangan seperti apa yang akan Anda lakukan untuk menentukan nilai berdasarkan data-data tersebut?

Dengan memperhatikan jawaban-jawaban dari tiga pertanyaan di atas, tim sales dapat menentukan nilai yang lebih baik untuk lead scoring masing-masing lead. Sehingga potensi untuk mencapai penjualan pun akan lebih baik. Meskipun lead scoring sudah diterapkan dengan baik, tentu penjualan tetap harus disertai dengan proses yang baik pula dari tim sales.

Dengan cara manual, memang lead scoring seperti terlihat sulit untuk bisa dilakukan dengan cepat. Namun, saat ini sudah ada teknologi-teknologi yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kecepatan dan keakuratan dari lead scoring. Teknologi tersebut diantaranya adalah website, email marketing tools, Customer Relationship Management (CRM) dan teknologi-teknologi lainnya.

Itu sebabnya, perusahaan harus memberikan dukungan yang kuat terhadap tim sales dan tim marketing untuk memaksimalkan teknologi pendukung yang dapat meningkatkan lead scoring dalam proses memilih prospek/lead yang berkualitas. Sehingga, setiap proses yang dijalani oleh tim sales dalam proses prospecting dapat menghasilkan penjualan yang berlipat setiap bulannya. Sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan efektivitas lead scoring untuk perusahaan, kami merekomendasikan Anda untuk membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul “Cara Untuk Lead Scoring Yang Efektif”.

Apakah Anda membutuhkan tools CRM untuk meningkatkan lead scoring untuk produktivitas penjualan? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly