Return to site

Mengembangkan Program Bimbingan Internal Untuk Tim Sales

Yakin tim Anda tidak membutuhkan bimbingan?

· Leadership

Program bimbingan internal memberikan efek yang sangat besar terhadap pertumbuhan baik untuk sales maupun perusahaan. Program seperti ini juga dapat memudahkan sales leader untuk melakukan hal apapun seperti untuk menentukan target penjualan, mengelola penjualan, estimasi penjualan, membantu closing lebih baik atau bahkan untuk memudahkan perusahaan dalam mempromosikan sales representatif yang dimiliki. Saat memasuki proses untuk penjualan, bimbingan internal yang dilakukan oleh perusahaan tidak hanya meningkatkan keterampilan dan kemampuan untuk menjual saja. Tetapi, hal ini dapat mendorong tim dalam bekerja untuk retensi (penjualan ulang) yang lebih baik.

Pengembangan melalui program ini pun dapat menghasilkan konsistensi tim sales dalam mencapai kuota atau target yang diberikan oleh perusahaan setiap bulannya. Bimbingan juga dapat menjadi budaya positif yang dapat terjalin di dalam tubuh tim. Artinya, ketika sales leader memberikan bimbingan kepada tim sales yang sudah dimiliki, ketika ada tim sales baru yang bergabung dengan perusahaan, maka tim sales lama ini tidak akan segan untuk memberikan bimbingan serupa kepada anggota tim baru tersebut.

Selain budaya untuk saling membimbing, program ini dapat mendekatkan anggota tim satu sama lain yang dapat membantu perusahaan untuk mencegah terjadinya persaingan internal yang berimbas pada kegagalan dalam mencapai target penjualan dari waktu ke waktu. Artinya, tim sales memiliki potensi yang lebih besar untuk menguasai seni dalam menjual suatu produk dan kesiapan dalam menghadapi setiap kondisi pasar.

Menggabungkan program bimbingan internal dengan disertai aplikasi CRM menghasilkan metode bimbingan yang lebih tepat. Karena, sales leader dapat menentukan program seperti apa yang harus dilakukan dengan berdasarkan pada riwayat penjualan yang didapatkan oleh tim sales selama ini. Selain dapat menggunakan data riwayat penjualan, sales leader juga dapat melakukan program pengembangan untuk mengurangi proses yang dilakukan oleh tim sales hingga closing kesepakatan atau keluar dari proses.

Itulah mengapa Anda perlu meningkatkan atau mengembangkan tim sales melalui program bimbingan internal. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran kepada para sales leader untuk meningkatkan kualitas tim yang dimiliki. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly