Return to site

4 Tips Untuk Mempersiapkan Diri Menjangkau Pasar Yang Lebih Besar

Strategi untuk mempersiapkan bisnis menjadi lebih baik

· Tips Bisnis

Seberapa jauh perjalanan bisnis Anda? Apakah Anda merasa sudah siap untuk meraih pasar yang lebih besar? Atau masih menikmati posisi saat ini untuk menjaga kekuatan bisnis, brand dan loyalitas pelanggan? Jika Anda termasuk sales leader, owner maupun entrepreneur yang merasa sudah siap untuk menjangkau pasar yang lebih besar, berikut adalah beberapa tips untuk mencapai impian tersebut!

1. Memperkuat fondasi bisnis

Setiap bisnis yang mampu merambah pasar yang lebih besar selalu memiliki dasar bisnis yang kuat. Untuk itu, mulailah untuk merencanakan pengembangan bisnis dengan meningkatkan fondasi yang lebih baik dari pada saat ini. Beberapa cara dalam membangun fondasi bisnis yang lebih kuat adalah dengan budaya internal perusahaan, kerja sama tim, perekrutan orang yang benar dan lain sebagainya yang menjadi titik utama dalam pengembangan fondasi bisnis.

2. Memperbaiki reputasi

Orang-orang akan menjadi pelanggan Anda jika mereka percaya terhadap bisnis yang mereka temukan. Jika Anda memberikan kualitas yang baik, selalu tepat waktu dalam menyelesaikan masalah maupun pengiriman, tentu reputasi yang akan Anda dapatkan juga mengalami peningkatkan. Reputasi seperti inilah yang akan membawa Anda pada pasar yang lebih luas dengan bantuan pelanggan.

3. Meningkatkan kualitas produk atau menjangkau layanan yang lebih luas

Apalah artinya reputasi positif dan fondasi yang kuat jika produk Anda tidak mengalami peningkatan. Jika kualitas produk Anda baik saat ini, maka Anda perlu mengembangkan kualitas produk ke arah yang lebih baik lagi. Jika Anda memberikan pelayanan kepada pelanggan, coba Anda memperluas jangkauan layanan tersebut. Contoh, jika sebelumnya Anda memberikan layanan service/maintenance produk hanya untuk area Jakarta, Anda dapat menambah ke area lainnya seperti Bogor, Bekasi maupun area jangkauan lainnya.

4. Advertising dan marketing konvensional maupun digital

Anda jangan hanya berhenti untuk meningkatkan bisnis bermodalkan pemasaran konvensional maupun advertising digital saja. Anda harus menjalankan advertising konvensional dan digital, pemasarannya pun demikian. Terlalu fokus pada metode konvensional, suatu saat Anda akan menyesal karena sudah ketinggalan dengan apa yang dilakukan oleh kompetitor. Bahkan upaya Anda pun dapat gagal menjangkau pasar yang lebih besar apabila basis pelanggan Anda lebih cenderung memilih sarana digital. Temukan profil pelanggan Anda melalui sistem CRM kemudian lakukan pemasaran sesuai dengan profil mereka dengan tepat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly