Return to site

3 Cara Untuk Meningkatkan Produktivitas Tim Sales

Kunci produktivitas tim sales ada pada sales leader!

· Leadership

Sebagai seorang pemilik bisnis maupun sales leader, Anda harus memiliki peran besar kepada tim sales untuk membawa tim pada tingkat tertinggi dalam karirnya. Menjadi leader atau pemimpin bukan hanya bertanya “mengapa tidak memberikan hasil penjualan?, Kenapa selalu gagal menjual?”. Justru dengan pertanyaan seperti ini hanya akan menjadi pertanyaan yang memberikan efek negatif untuk mental tim Anda. Daripada Anda menanyakan pertanyaan seperti yang kami contohkan, alangkah lebih baik jika Anda mulai bertanya “apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan penjualan?”, karena dengan pertanyaan ini tim Anda dapat bekerja lebih baik dengan bantuan-bantuan yang Anda berikan.

 

Selain itu, Anda dapat mengaplikasikan beberapa tips berikut ini agar tim Anda dapat bekerja lebih efektif.

 

1. Bawa tim Anda percaya dengan produk yang ia tawarkan kepada prospek

Sebelum Anda menyalahkan tim yang mengalami kegagalan penjualan, tanamkan kepada mereka untuk yakin dengan produk yang ia jual kepada prospek. Bagaimanapun juga, pengetahuan tim sales terhadap produk merupakan kunci keberhasilan penjualan. Semakin paham tim sales terhadap produk yang ia tawarkan, ia akan lebih mudah dalam memberikan penjelasan kepada prospek tentang solusi yang dimiliki oleh produk dan bagaimana agar mampu membawa prospek percaya terhadap produk Anda. Jika sebaliknya, ketika tim Anda tidak memahami produk yang ia jual, bagaimana cara mereka agar bisa menawarkan solusi?

 

2. Memastikan tim sales Anda memiliki product knowledge yang baik dan mengetahui cara terbaik untuk menjual

Tim sudah memiliki rasa percaya diri untuk menjual produk, selanjutnya bawa mereka untuk semakin mendalami pemahamannya terhadap produk Anda. Jika mereka telah berhasil melewati proses ini, ajaklah mereka untuk berbicara dengan menentukan cara terbaik untuk menjual. Jika perusahaan Anda saat ini menggunakan CRM, manfaatkan potensi dari aplikasi ini untuk menemukan cara terbaik dalam menjual agar dapat dilakukan dengan mudah. Tetapi, jika tim Anda masih mengandalkan cara manual, maka Anda harus benar-benar memberikan waktu untuk tim agar dapat bekerja dengan benar.

 

3. Mencari teknologi yang dapat membantu tim Anda menjual berdasarkan data

Aplikasi CRM, Sales Force Automation (SFA), marketing automation, big data adalah teknologi-teknologi yang dapat memaksimalkan penjualan Anda dengan otomatis. Sehingga dapat mengambil langkah yang sangat baik untuk tim sales Anda yang ingin menjual lebih banyak dan lebih efektif dalam menentukan strategi maupun proses penjualan.

 

Itulah tips-tips untuk meningkatkan kinerja tim sales Anda agar lebih efektif dalam bekerja yang dapat kami berikan. Semoga tips ini dapat membantu Anda mengembangkan penjualan yang lebih baik dibandingkan hasil penjualan yang lalu. Apabila Anda memiliki tips lain yang dapat kami tambahkan, silakan tinggalkan komentar Anda di bawah.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK