Return to site

3 Cara Untuk Meningkatkan Tingkat Retensi Pelanggan Anda

· Tips Sales,Strategi Sales

Retensi dalam dunia penjualan sering kali menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya, rata-rata hasil retensi penjualan ini hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang mampu menjaga kualitas produk, kualitas layanan, hubungan pelanggan dan merasa tidak menemukan pilihan. Biasanya, pelanggan akan melakukan pembelian ulang terhadap suatu produk/brand yang dapat menjaga kualitasnya dan tetap memperhatikan kepuasan pelanggan. Ini adalah harga mutlak dari suatu nilai dari pelanggan yang harus dipenuhi oleh perusahaan dan tim sales jika ingin meningkatkan retensi dari pelanggan. Berikut kami akan memberikan 3 cara untuk meningkatkan retensi penjualan dari pelanggan-pelanggan Anda.

1. Membuat program loyalitas untuk pelanggan

Jika Anda ingin meningkatkan retensi penjualan, langkah penting yang harus dilakukan adalah dengan membuat program loyalitas bagi pelanggan-pelanggan yang Anda miliki. Program loyalitas yang harus dilakukan adalah dengan menciptakan suatu kondisi di mana pelanggan dapat melakukan pembelian secara berkelanjutan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dari perusahaan. Jika berkaca pada strategi yang diberikan oleh perbankan, mereka memberikan program rewards kepada pelanggan yang aktif menggunakan kartu kredit. Teknik ini dapat Anda tiru untuk meningkatkan penjualan dari pelanggan-pelanggan lama Anda. Tak harus dengan rewards yang sama, Anda dapat memberikan model yang berbeda.

2. Meningkatkan hubungan

Hubungan dengan pelanggan juga termasuk dalam metode untuk meningkatkan retensi penjualan dari pelanggan lama. Mengapa menjaga hubungan dengan pelanggan dapat meningkatkan retensi? Jawabannya cukup sederhana, ketika Anda berhasil menjaga hubungan dengan pelanggan, Anda akan mendapatkan kepercayaan lebih dari pelanggan tersebut. Ketika kepercayaan semakin meningkat, tentu akan membangun loyalitas pelanggan secara natural tanpa adanya penawaran apapun.

3. Tingkatkan pengalaman pelanggan

Pengalaman pelanggan menjadi modal lain yang harus Anda gunakan untuk meningkatkan retensi. Tidak peduli sebaik apapun hubungan dengan pelanggan yang Anda bangun dan reward yang ditawarkan bagi mereka yang loyal jika dari pengalaman yang pelanggan Anda rasakan tidak baik, tentunya mereka akan sulit menerima produk Anda kembali. Menjaga kualitas produk/layanan akan meningkatkan pengalama positif dari pelanggan yang nantinya akan menjamin retensi dari pelanggan-pelanggan lama Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com