Return to site

Leader, Menjaga Keseimbangan Tim Itu Penting!

· Leadership

Menjaga keseimbangan tim adalah tanggung jawab dari seorang leader baik itu leader pemasaran maupun leader penjualan maupun leader-leader lainnya. Keseimbangan akan menjaga produktivitas tim tetap terjaga dan dapat bekerja dengan nyaman. Pasalnya, setiap orang memiliki tingkat motivasi yang berbeda. Jika leader dapat menjamin setiap proses berjalan dengan seimbang, maka motivasi tersebut akan dapat terjaga secara maksimal beriringan dengan tingkat profuktivitas yang dicapai oleh tim. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai seorang leader untuk menjaga keseimbangan di dalam tubuh tim Anda.

1. Menerima dan memberikan penilaian

Penjualan yang tidak dapat diselesaikan dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh tim akan meningkatkan emosi tim Anda dalam bekerja setiap harinya. Sementara itu tuntutan yang harus dicapai oleh tim mau tidak mau harus tetap dimaksimalkan dengan berbagai macam strategi dan cara. Menerima masukan dari tim sales dan tim marketing bagi leader itu sangat penting sebelum Anda memberikan penilaian baik dan buruk atas hasil yang didapat. Mari kita ingat kembali saat kondisi ekonomi yang menurun, tentu wajar jika penjualan juga terdampak dari penurunan tersebut. Meskipun penjualan tidak mencapai target sesuai dengan harapan, Anda harus menerima kenyataan tersebut. Selanjutnya, Anda dapat menilai kinerja tim apakah itu adalah yang terbaik yang mereka dapatkan atau masih bisa dimaksimalkan dengan perbaikan strategi. Itulah mengapa Anda wajib mengedepankan menerima sebelum menilai baik dan buruknya pekerjaan dari tim Anda.

2. Mengenal dan memberi dorongan/motivasi

Meskipun Anda bekerja dengan tim sales sudah bertahun-tahun, bukan berarti Anda sudah sepenuhnya mengenal tim dengan baik. Pasalnya, tidak banyak waktu yang bisa Anda habiskan dengan tim, maka Anda perlu mengenal mereka dengan tepat. Selanjutnya, Anda juga perlu memberikan dorongan dan motivasi kepada tim Anda agar tercipta keseimbangan dalam setiap proses pengenalan dan pekerjaan yang harus mereka kerjakan.

3. Memaksimalkan setiap kemungkinan

Dalam usaha untuk menjaga keseimbangan baik dalam penjualan dan pemasaran dengan tim dan kondisi pasar, maka Anda harus selalu memaksimalkan setiap kemungkinan yang didapat. Hal ini penting untuk dilakukan agar tim dapat menghasilkan penjualan dalam setiap kesempatan kecil yang ada atau yang mereka hadapi.

Dari tiga poin inilah mengapa menjaga keseimbangan di dalam tubuh tim Anda sangat penting. Karena keseimbangan ini akan menciptakan peluang dan hasil pencapaian yang maksimal untuk tim Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK