Return to site

Semakin Banyak Pelanggan Berkualitas, Semakin Tinggi Penjualan!

· Tips Sales

Kita percaya bahwa semakin banyak pelanggan tentu akan semakin meningkatkan penjualan. Namun, kita juga perlu mengingat bahwa tidak selamanya banyak pelanggan akan meningkatkan keuntungan. Pasalnya, dari sekian banyak pelanggan yang dimiliki, berapa banyak pelanggan yang akan membeli produk dengan harga normal? Dari sini sudah dapat diambil sebuah keputusan bahwa memilih pelanggan yang berkualitas untuk menambah penjualan sangat penting dibandingkan hanya dengan menambah jumlah pelanggan saja.

Apa yang dimaksud pelanggan berkualitas? Pelanggan berkualitas adalah pelanggan yang mampu menjaga pembelian dengan cara berkelanjutan tanpa harus meminta potongan harga dari Anda. Artinya, mereka benar-benar membutuhkan produk Anda dan nyaman menggunakan produk tersebut. Ketika mereka sudah nyaman dan menemukan solusi, tentu mereka tidak akan merasa keberatan untuk membayar produk dengan harga penuh.

Ini akan berbeda jika Anda memberdayakan pelanggan hanya berdasarkan jumlah pelanggan saja. Mari kita lihat apa yang terjadi pada salah satu ecommerce di Indonesia yang pada awal-awal kehadirannya memberikan diskon yang luar biasa dan bisa dikatakan dengan penawaran diskon yang tidak masuk akal. Hasilnya, perusahaan tidak mampu bertahan lama karena kebanyakan dari pelanggan hanya mencari harga termurah. Apabila masa pemberian diskon sudah tidak lagi diberikan oleh perusahaan, pelanggan pun berangsur-angsur mencari layanan lain yang siap memberikan diskon.

Dari contoh di atas, pelanggan yang dimiliki oleh ecommerce tersebut memang banyak, hanya saja pelanggan yang didapat masuk dalam kategori tidak berkualitas. Maka dari itu, ubah cara pikir Anda untuk mendapatkan pelanggan dengan iming-iming diskon dan fokuslah pada solusi dan manfaat yang didapat oleh pelanggan. Pasalnya, semakin nyaman pelanggan dengan produk yang Anda tawarkan maka harga bukan lagi tolok ukur bagi mereka untuk melakukan pembelian.

Bagaimana cara Anda membangun hubungan dengan pelanggan menjadi sangat penting untuk dilakukan agar dapat menambah jumlah pelanggan berkualitas. Menggunakan sistem CRM dalam membangun hubungan dapat menjadi langkah tepat bagi Anda untuk melakukan penyaringan pelanggan. Hal ini tidak terlepas dari kemudahan tim sales dan sales leader dalam memilih dan menentukan pelanggan berkualitas dan tidaknya melalui riwayat komunikasi dan kesesuaiannya dalam memilih produk. Bukan sebatas seberapa besar nominal yang dikeluarkan oleh pelanggan, penilaian akan kualitas pelanggan dinilai dari tingkat loyalitasnya. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan sistem CRM agar dapat menambah jumlah pelanggan berkualitas? Sistem CRM dari Sales1 dapat menjadi solusi bagi Anda untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut! Untuk lebih jelasnya, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com