Return to site

3 Hal Ini Dapat Memberikan Efek Yang Sangat Besar Terhadap Kepercayaan Pelanggan

Komplain pelanggan adalah masa depan perusahaan

· Tips Sales

Sebagai informasi untuk Anda, prospek memberikan kepercayaan kepada Anda melalui dua periode. Periode pertama saat proses dari lead hingga menjadi prospek. Periode kedua adalah ketika prospek ini melakukan pembelian produk. Saat pelanggan menyelesaikan dua periode tersebut, ia telah memberikan tanggung jawab yang besar kepada tim sales dan perusahaan agar dapat memenuhi semua kebutuhannya. Pengorbanan waktu dan pengambilan risiko ia lakukan untuk mencoba mempercayakan solusi tersebut. Ketika Anda menghianati kepercayaan tersebut, maka akan sulit bagi pelanggan untuk mempercayai Anda kembali. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak memiliki cara untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan baik. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan 3 hal ini!

1. Memudahkan pelanggan untuk komplain

Produk yang sempurna selalu memiliki titik lemah yang dapat merusak kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, Anda perlu membuka pintu bagi pelanggan untuk memberikan keluhan atau komplain. Permudahlah cara pelanggan untuk melakukan komplain seperti dengan menggunakan live chat, layanan sosial media, telepon dan lain sebagainya. Kemudahan pelanggan untuk melakukan komplain ini dapat mendorong kepercayaan pelanggan untuk tetap setia terhadap perusahaan dan produk.

2. Hadapi komplain pelanggan dengan sikap yang bertanggung jawab

Anda sudah memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan komplain, apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Yang perlu dilakukan adalah dengan menghadapi komplain pelanggan serta bertanggung jawab dengan masalah yang terjadi pada produk dan layanan Anda. Contoh, pelanggan Anda mengalami masalah mesin yang dibeli dari Anda karena tidak dapat memproduksi sesuai apa yang Anda janjikan. Untuk itu, coba datang ke perusahaan pelanggan dan berikan pelatihan kepada karyawan pelanggan Anda untuk memaksimalkan kinerja mesin tersebut.

3. Belajar dari komplain pelanggan

Pelanggan yang memberikan komplain secara tidak langsung telah menunjukkan kelemahan produk/layanan yang Anda miliki. Untuk itu, penting bagi Anda belajar dari komplain-komplain pelanggan agar dapat melakukan pembaruan-pembaruan produk/layanan agar lebih sesuai dengan keinginan pelanggan. Semakin cepat Anda belajar dari komplain pelanggan, semakin cepat pula Anda membuat produk/layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar.

Itulah 3 hal yang dapat mengubah kepercayaan pelanggan terhadap produk/layanan yang Anda tawarkan. Semoga tips ini dapat menjadi satu pelajaran penting bagi Anda agar dapat memaksimalkan kepercayaan pelanggan guna mendapatkan pelanggan-pelanggan dengan loyalitas yang sangat tinggi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com