Return to site

4 Faktor Utama Pendukung ROI Dari Implementasi CRM

Jangan jadikan aplikasi CRM Anda hanya sebagai pelengkap!

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Implementasi CRM dalam proses penjualan tidak dapat langsung mencapai ROI bergitu saja. Anda perlu memperhatikan banyak hal yang dapat mendukung pencapaian ROI dengan lebih cepat. Hal ini tidak lain karena CRM bukanlah sistem/aplikasi yang dapat bekerja sendiri layaknya robot atau sistem-sistem automation lainnya yang tidak membutuhkan sentuhan manusia. CRM membutuhkan keseriusan tim sales, tim marketing dan tim-tim lainnya dalam memasukkan data pada sistem dengan menjamin kualitas data tersebut.

Jika Anda ingin menghasilkan ROI yang lebih cepat setelah implementasi CRM, mengutamakan proses pendukung untuk pencapaian tersebut adalah hal wajib yang perlu Anda lakukan. Faktor pendukung tersebut diantaranya adalah:

1. Inovasi dalam proses

Inovasi dalam proses ini adalah bagaimana cara tim Anda memaksimalkan CRM dan data-data yang di simpan dalam suatu sistem. Anda tidak mungkin menyimpan seluruh data hasil meeting, panggilan atau email dalam sistem CRM. Namun, Anda harus berinovasi dengan membuat daftar data penting, data sekunder dan data-data pendukung lainnya yang relevan untuk menentukan kualitas dari prospek/lead yang didapatkan. Artinya, Anda perlu berinovasi untuk menemukan cara terbaik dalam memilih atau menyaring data untuk di simpan pada sistem CRM yang Anda gunakan.

2. Memastikan proses pada sisi pelanggan bukan penjualan

CRM adalah untuk mencapai hubungan yang lebih maksimal dengan pelanggan dan prospek agar proses mencapai penjualan dapat dilakukan lebih cepat di masa depan. Dengan demikian, Anda harus mengubah cara dan strategi dalam menjual dengan fokus pada sisi pelanggan untuk menemukan data-data berkualitas dalam proses. Jika Anda hanya fokus penjualan, maka CRM menjadi tidak berguna dan cenderung hanya menjadi aplikasi pelengkap yang tidak dapat difungsikan dengan baik oleh tim.

3. Menetapkan target

Faktor pendukung lainnya adalah target yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan implementasi CRM. Target di sini merupakan sisi paling krusial untuk membawa tim Anda pada proses yang baik dalam menentukan kualitas prospek yang didapatkan. Jika perusahaan hanya mencari prospek, tentu akan mudah didapat, namun apakah itu sesuai dengan kriteria yang berkualitas? Jika tidak, tentu pencapaian ROI yang cepat pun tidak akan mudah untuk dicapai meskipun menggunakan aplikasi CRM yang sangat mahal sekali pun.

4. Dukungan penuh dari management dan leader

Budaya tim sales dan tim marketing yang sebelumnya terbiasa untuk tidak memasukkan data pada suatu sistem terpusat menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen perusahaan maupun sales/marketing leader. Pasalnya, banyak tim sales dan tim marketing hanya memasukkan data-data kontak pada sistem CRM namun jarang memperbarui data-data proses yang sudah dicapai. Untuk itu, apabila perusahaan ingin memiliki tim yang dapat memaksimalkan CRM agar dapat mencapai ROI yang lebih cepat perlu memperketat upaya tim dalam memasukkan data pada sistem CRM. Contoh, bagi tim yang rajin memperbarui data proses pada sistem CRM, ia mendapatkan rewards tertentu (optional). Sedangkan bagi yang tidak melakukan pembaruan data, diberikan pengurangan poin KPI atau sanksi-sanksi lain (wajib). Mengapa mewajibkan sanksi daripada rewards? Sanksi akan menumbuhkan motivasi lebih bagi tim Anda agar bekerja lebih disiplin. Sedangkan rewards ini dapat Anda jadikan sebagai kejutan di akhir periode sebagai bentuk terima kasih perusahaan dan leader terhadap anggota tim yang bekerja sesuai dengan perintah perusahaan.

Itulah empat faktor pendukung yang akan membawa percepatan pencapaian ROI dari implementasi CRM untuk perusahaan Anda. Apabila ada hal lain yang perlu dipelajari lebih lanjut untuk memaksimalkan CRM dan lebih prefer terhadap CRM Indonesia, silakan konsultasikan dengan tim kami. Kami akan memberikan tips bagaimana memaksimalkan CRM yang kami miliki dan akan menyarankan aplikasi yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Anda dapat menggunakan CRM trial dengan gratis juga jika ingin belajar terlebih dahulu sebelum memutuskan implementasi.

Ilustrasi (c) Unsplash,com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK