Return to site

4 Strategi Untuk Meningkatkan Efektivitas Business Intelligence

Business intelligence adalah untuk memudahkan bukan untuk menyulitkan

· Sales Strategy

Business Intelligence (BI) sering kali mengalami kegagalan karena tim yang bekerja seakan-akan bermain-main dengan data. Di mana, data-data yang dimasukkan bukanlah data yang berkualitas serta modifikasi atas laporan data pun tidak dilakukan dengan benar. Masalah data pada sistem BI ini pun juga sering terjadi pada sistem CRM yang tidak dapat dimaksimalkan oleh tim. Sehingga, upaya perusahaan untuk memperbaiki pertumbuhan bisnis pun hanya menjadi impian yang tidak mudah diwujudkan. Untuk itu, mulai sekarang, perbaiki data-data yang di simpan di dalam BI untuk memaksimalkan hasil yang baik dalam mendorong pertumbuhan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadikan sistem BI yang digunakan oleh perusahaan menjadi lebih efektif dalam mendorong pertumbuhan bisnis.

1. Mengidentifikasi KPI yang tepat

Pertama, Anda perlu memperbarui proses dalam menentukan KPI tim. Key Performance Index (KPI) ini pun perlu Anda pecah kembali pada dua bagian utama dari dalam tubuh tim Anda. Yang mana, untuk KPI pertama pada representatif perusahaan dan yang kedua adalah KPI untuk operasional perusahaan.

2. Protokol dalam mempertahankan kualitas data

Perusahaan yang serius dalam mengolah data tentu akan menghasilkan strategi yang tepat dalam meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. Ini merupakan hal mutlak yang harus Anda contoh ketika ingin memaksimalkan potensi dari sistem BI yang digunakan oleh perusahaan. Selalu memperbarui data yang disimpan dan menghapus data-data tidak berkualitas secara berkala akan membantu perusahaan menjaga BI tetap efektif.

3. Insight and reporting

Anda sudah memiliki KPI yang baik, memiliki data yang lebih berkualitas. Selanjutnya, tim Anda perlu mempelajari wawasan (insight) dan pelaporan (reporting) untuk analisa. Meskipun BI dilengkapi dengan sistem analisa sendiri, bukan berarti Anda langsung menjadikan analisa sistem tersebut sebagai analisa valid yang tidak membutuhkan analisa tim. Karena, data dari sistem tidak mengenali performa pasar yang dialami di lapangan, oleh karena itulah tim Anda perlu menguasai insight and reporting pada sistem BI.

4. Tool/software

Setelah tim menguasai 3 poin di atas, selanjutnya Anda perlu mengkaji ulang tool/software yang digunakan. Apakah sistem BI yang digunakan saat ini merupakan yang paling tepat untuk perusahaan atau perlu memilih layanan lainnya. Pertimbangkan hal ini sebaik mungkin agar Anda tidak salah dalam memilih software yang justru dapat membuang waktu tim karena harus belajar dari awal lagi.

Itulah tips yang dapat kami berikan agar dapat memaksimalkan BI yang digunakan oleh perusahaan lebih efektif bagi bisnis. Apabila Anda memiliki tips lain mengenai cara meningkatkan efektivitas BI, silakan tinggalkan tips Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ilustrasi oleh Sales1CRM.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly