Return to site

Kekuatan Ucapan 'Terima Kasih' Untuk Bisnis Dan Hubungan

Ucapan sederhana yang memiliki efek besar terhadap bisnis Anda

· Tips Sales

Ucapan terima kasih akan selalu menjadi ucapan sederhana yang bisa dianggap tidak memiliki nilai apa pun. Tetapi, dalam dunia bisnis, ucapan terima kasih dapat menjadi ucapan yang memiliki pengaruh besar terhadap perjalanan bisnis di masa depan. Ucapan ini dapat mengartikan kebahagiaan Anda terhadap kepercayaan yang sudah diberikan oleh pelanggan karena telah memilih produk/layanan yang Anda tawarkan. Begitu pula jika dilihat dari sisi pelanggan, terima kasih yang diucapkan oleh pelanggan untuk perusahaan merupakan salah satu simbol kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang sudah diberikan oleh tim selama proses negosiasi dari awal hingga menjadi pelanggan.

Terima kasih yang diberikan oleh perusahaan dapat mendorong hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Karena, pelanggan merasa bahwa perusahaan memperhatikan apa yang sudah dilakukan perusahaan sebagai bentuk kepedulian untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya saat ini. Berawal dari ucapan ini pula, pelanggan tidak akan merasa ragu untuk melakukan pembelian ulang selanjutnya.

Apakah ucapan terima kasih ini harus berupa bonus atau rewards berupa diskon pembelian? Tidak, tidak perlu melakukan hal seperti ini secara terus-menerus. Terima kasih yang perlu Anda berikan kepada pelanggan adalah dengan memberikan sapaan yang baik yang diimbangi dengan memberikan layanan yang prima, menjamin kualitas produk dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengucapakan terima kasih yang baik dan benar kepada pelanggan agar semakin loyal? Di lapangan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan ucapan terima kasih kepada pelanggan maupun prospek, diantaranya adalah:

1. Tepat waktu

Anda dapat memberikan surat tradisional maupun dengan email dengan tulisan Anda sendiri (bukan template otomatis seperti saat melakukan order melalui website e-commerce) setelah pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Jangan sampai, pelanggan yang melakukan pembelian hari ini, baru Anda kirimkan ucapan terima kasih 2 bulan kemudian, ini merupakan waktu yang tidak tepat. Pastikan, ucapan terima kasih dari Anda maksimal 7 hari setelah pembelian.

2. Jangan mengirimkan ucapan terima kasih yang disertai promosi produk lain

Pelanggan baru saja melakukan pembelian, untuk itu jangan pernah mengirimkan email maupun kartu ucapan terima kasih yang disisipi dengan promosi produk lain. Ini merupakan metode yang salah dalam berterima kasih.

3. Mengirimkan ucapan terima kasih dengan ditambahkan bimbingan penggunaan produk

Jika Anda ingin mengirimkan email atau kartu ucapan terima kasih kepada pelanggan agar lebih percaya kepada Anda dan bersedia menjalin hubungan baik jangka panjang, yang perlu Anda lakukan adalah dengan menambahkan beberapa hal yang dapat membantu pelanggan dalam menggunakan produk/layanan Anda. Atau dengan memberikan informasi yang jelas, ke mana prospek harus menghubungi ketika produk/layanan Anda mengalami kendala.

Jadi, jangan pelit memberikan ucapan terima kasih kepada pelanggan. Karena terima kasih dari Anda dapat memberikan efek yang sangat besar untuk hubungan Anda dengan pelanggan.

Ilustrasi oleh Sales1CRM.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK