Return to site

3 Hal Ini Dapat Tim Marketing Kolaborasikan Dengan Tim Sales

Menggunakan data sales untuk pemasaran

· Tips Marketing

Tim marketing dan tim sales tentu memiliki sudut pandang yang berbeda untuk mencapai target peningkatan revenue perusahaan. Namun, untuk beberapa hal, tim marketing dapat belajar dari tim sales untuk bisa meningkatkan hasil yang lebih baik dari apa yang dicapai sebelumnya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh tim marketing dengan menjadikan tim sales sebagai bagian dari rencana-rencana mereka.

1. Jadikan data tim sales untuk dijadikan bahan pengambil keputusan tim marketing

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh tim marketing tentu membutuhkan data yang lebih akurat guna menunjang hasil yang baik. Memang, tim marketing juga memiliki strategi sendiri untuk mencapai target tersebut dan itu tidak ada yang salah jika memang efektif. Tetapi, jika tim marketing menginginkan hasil yang lebih baik lagi, maka tim marketing harus menjadikan data tim sales untuk mengambil keputusan dalam menciptakan strategi marketing.

Pada dasarnya, data-data tersebut akan membawa tim marketing lebih memahami apa saja yang dibeli oleh pelanggan-pelanggan yang sudah berhasil closing. Berapa jumlah penjualan yang dihasilkan dan lain sebagainya. Lebih khususnya, data tentang apa yang dibeli oleh pelanggan adalah kunci keberhasilan dalam memasarkan produk yang perlu diketahui oleh tim marketing.

2. Belajar dari tim sales untuk menentukan Marketing Qualified Leads (MQL)

Tidak peduli ada berapa banyak lead yang Anda miliki, jika tidak lebih dari 70% yang sukses masuk Sales Qualified Leads (SQL) itu artinya pengumpulan lead yang dilakukan oleh tim marketing tidak efektif. Oleh karena itu, bertanyalah pada tim sales untuk mengetahui kriteria lead yang sesuai dengan harapan tim sales agar tim marketing tidak hanya mengumpulkan lead tetapi tidak memiliki potensi.

3. Tingkat kompetisi

Seberapa ketat kompetisi bisnis yang dihadapi oleh tim sales? Bagaimana agar pemasaran lebih baik dibandingkan dengan pemasaran kompetitor? Ini menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh tim marketing. Dengan berbasis data tim sales dan mencari tahu tingkat kompetisi dari tim sales, tentu tim marketing memiliki potensi lebih besar untuk menghasilkan strategi yang paling efektif dalam menjalankan pemasaran.

Ilustrasi (c) Unsplash.com