Return to site

Cara Agar Pelanggan Tidak Pernah Berhenti ‘Belanja’ Kepada Anda

Strategi untuk menghasilkan penjualan bekelanjutan

· Tips Sales

Ingin memiliki pelanggan yang terus-terusan membeli produk yang Anda miliki? Tentu semua sales ingin memiliki pelanggan seperti itu, kan? Tenang, ini bukan hanya mimpi jika Anda melakukannya dengan cara yang benar. Ingin tahu rahasianya agar pelanggan tidak keberatan untuk terus menggunakan produk yang Anda miliki? Ini dia jawabannya!

 

1. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin memiliki pelanggan yang siap mengeluarkan uang mereka untuk Anda, maka Anda harus mengawalinya dengan hubungan yang baik dengan pelanggan-pelanggan Anda. Gunakan aplikasi pendukung untuk mengelola semua data pelanggan-pelanggan Anda. Seperti dengan menggunakan aplikasi CRM, spreadsheet dan lain sebagainya. Pilih yang paling efisien dan mampu menyimpan data-data pelanggan Anda dengan aman.

 

Ingat, tidak ada orang yang tidak suka diperhatikan. Jika Anda siap memperhatikan pelanggan, tentu mereka akan melakukan hal yang sama kepada Anda. Sentuhan secara personal akan meningkatkan sikap yang baik untuk kepercayaan pelanggan. Jadi, jangan sampai Anda hanya menjadikan pelanggan sebagai tambang emas bisnis, tetapi tidak pernah Anda perhatikan bisnis mereka.

 

2. Jangan hanya bertanya waktu pemesanan kembali jika pelanggan belum membahasnya

Follow up pelanggan memang diperlukan, tetapi, jangan langsung menanyakan kapan mereka akan melakukan pembelian ulang jika belum ada pembahasan mengenai hal tersebut sebelumnya. Jika Anda ingin bertanya, tanyakan bagaimana kesan mereka, efek dari produk yang mereka gunakan dan hal-hal lain yang menguatkan posisi pelanggan.

 

3. Bantu pelanggan Anda menghadapi persaingan bisnis dengan sehat untuk mengalahkan kompetitor mereka

Jika bisnis Anda ingin tetap sukses, bantulah bisnis-bisnis pelanggan Anda tumbuh terlebih dahulu. Caranya, pastikan produk Anda tidak memiliki masalah yang serius ketika digunakan oleh pelanggan-pelanggan Anda, agar tidak membuat bisnis pelanggan Anda tersendat. Jika ada masalah, pastikan Anda mampu menyelesaikan secepat mungkin. Jangan biarkan produk/layanan yang saat ini digunakan oleh pelanggan, justru membuat mereka tidak mampu mengejar kejayaan kompetitor.

 

4. Akui kesalahan dan menangani dengan sikap profesional

“Produk kami bagus, tidak mungkin mengalami hal seperti ini jika tidak ada kesalahan dari Anda!” Stop, ini bukanlah cara yang baik untuk menjaga pelanggan! Akui kesalahan yang sudah Anda lakukan jika memang produk Anda memiliki kelemahan atau layanan yang diberikan tim Anda tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Tangani lebih profesional. Jangan takut untuk memberikan kompensasi sebagai bentuk tanggung jawab Anda setelah berhasil membawa pelanggan tersebut.

 

Itulah beberapa trik yang dapat Anda lakukan jika menginginkan pelanggan yang selalu membelanjakan uangnya kepada Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com