Return to site

Kontak Mata Dengan Prospek Untuk Membangun Kepercayaan

Perlunya fokus saat meeting dengan prospek

· Tips Sales

Kontak mata merupakan salah satu bagian dari komunikasi yang dapat mengembangkan kepercayaan dari seorang prospek. Lalu, apa saja yang menjadi salah satu bagian penting dalam bahasa komunikasi melalui kontak mata dengan prospek agar menghasilkan kepercayaan dari mereka saat meeting? Berikut adalah beberapa tipsnya:

 

1. Tunjukkan kesan yang baik melalui pandangan Anda

Kesan pertama dari seorang prospek untuk mempercayai Anda dapat dilihat dari pandangan Anda terhadap prospek. Jika pada bagian ini Anda sudah gagal memberikan kesan terhadap prospek, bukan tidak mungkin usaha Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari prospek akan lebih berat. Beruntungnya, hal ini masih bisa Anda tutupi dengan beberapa poin lain. Seperti adanya bantuan dari poin kedua ini.

 

2. Berikan tanda pada prospek bahwa Anda benar-benar memiliki minat untuk mendengarkan prospek dengan baik melalui kontak mata

Mata yang menunjukkan minat yang baik terhadap suatu topik akan cenderung lebih fokus dengan kedipan yang lebih lambat. Hal ini dapat Anda praktikkan ketika Anda sedang menonton film atau siaran olahraga yang Anda sukai pada momen-momen yang menegangkan. Tahukah Anda, ketika prospek sedang berbicara di depan Anda, mereka juga akan memperhatikan mata Anda untuk memastikan bahwa Anda tertarik untuk menyimak atau memberikan waktu untuk prospek.

 

3. Kurangi aktivitas mata seperti melirik atau menjauhkan pandangan dengan menoleh maupun menundukkan kepala

Aktivitas mata dapat menunjukkan kondisi Anda. Jika Anda gelisah, sering kali Anda akan menoleh kanan/kiri. Sedangkan melirik, artinya Anda tidak fokus dengan orang yang Anda lihat di depan Anda. Stop melakukan hal ini jika ingin mendapatkan kepercayaan dari prospek. Mulailah untuk fokus pada satu orang yang sedang Anda temui saat ini.

 

4. Tetap fokus walaupun prospek tidak serius

Prospek seperti tidak serius dan sering menceritakan hal-hal yang tidak relevan. Ketika hal ini terjadi, Anda jangan pernah menunjukkan sikap yang menunjukkan hilangnya minat Anda terhadap prospek. Karena, ada beberapa kemungkinan mengapa prospek melakukan hal tersebut. Seperti, ingin menguji seberapa serius Anda mengamati prospek, seberapa fokus Anda dengan pembicaraan dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa trik untuk meningkatkan kepercayaan prospek melalui kontak mata dalam komunikasi bisnis. Anda juga dapat membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Bahasa tubuh & Perannya Untuk Kepercayaan Prospek guna melengkapi informasi mengenai komunikasi menggunakan bahasa tubuh agar mendapatkan perhatian lebih dari prospek.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK