Return to site

Tips Sales: Bahasa Tubuh & Perannya Untuk Kepercayaan Prospek

Bahasa tubuh yang baik untuk kepercayaan prospek

Membuat prospek percaya kepada kita tentu memerlukan teknik-teknik khusus. Karena menarik kepercayaan prospek merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang sales, maka Anda harus benar-benar mempelajari teknik-teknik tersebut. Salah satu teknik yang dapat Anda pelajari adalah bagaimana bahasa tubuh Anda dapat meningkatkan kepercayaan prospek Anda.

 

1. Cara Bicara Anda

Cara bicara Anda yang terlalu pelan menunjukkan Anda kurang antusias dalam menawarkan produk Anda. Begitu juga ketika Anda tidak dapat menjelaskan produk dengan baik dan menunjukkan keragu-raguan. Jika Anda ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, berbicaralah dengan santai dan jelaskan kelebihan dan kekurangan produk Anda dengan baik kepada prospek. Dengan demikian, prospek pun tidak akan meragukan penjelasan Anda dan akan tertarik dengan sendirinya.

 

2. Memberikan senyuman

Memberikan senyuman kepada orang yang kita sayangi akan membuat mereka lebih santai dan memberikan efek positif pada dirinya. Begitu juga pada saat Anda melakukan pendekatan penjualan. Senyuman dari Anda menunjukkan keramahan dan kepedulian, berilah senyuman yang tulus. Jika Anda tidak hati-hati, bisa saja prospek akan menilai senyuman Anda adalah senyuman palsu yang justru mengurangi nilai kepercayaan dari mereka.

 

3. Menunjukkan empati

Coba renungkan apa yang dialami oleh prospek juga terjadi kepada Anda. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda benar-benar sedang mendengarkan dan peduli dengan apa yang mereka hadapi, Anda juga dapat memberikan isyarat-isyarat non-verbal seperti dengan tersenyum maupun mengangguk saat Anda mendengarkan penjelasan dari prospek Anda. Buktikan bahwa masalah yang mereka hadapi adalah masalah serius yang perlu ANda berikan solusinya dengan tepat.

 

4. Kontak mata

Saat Anda berbicara dengan seseorang, Anda harus tetap menjaga kontak mata Anda, Jangan sampai ketika Anda berbicara tidak fokus dengan orang yang mendengarkan. Begitu juga ketika Anda mendengarkan, Anda tidak fokus dengan orang yang berbicara dengan melirik kanan-kiri atau bahkan menoleh. Menggerak-gerakkan bola mata itu dapat mengartikan bahwa Anda sedang berbohong untuk mencari alasan agar propsek yakin kepada Anda. Oleh sebab itu, tindakan yang Anda lakukan tersebut akan mengurangi kepercayaan prospek.

Ilustrasi (c) Pixabay.com