Return to site

Tips Sales & Marketing: Pengaruh Pentingnya Lead Management

Mengapa harus menerapkan lead management

Lead management merupakan praktik terbaik yang dirancang untuk menghasilkan prospek potensial baru. Umumnya, lead management ini dilakukan melalui berbagai kampanye maupun program-program dari perusahaan. Sehingga, dari lead management ini perusahaan memiliki kerangka kerja untuk mengelola prospek dengan benar. Adapun lead management ini akan membantu perusahaan dan tim sales agar memiliki kemampuan untuk:

  • Menambah lead
  • Menjaga lead yang belum siap
  • Scoring untuk mengetahui lead yang sudah siap melakukan pembelian
  • Distribusi lead untuk mengarah pada penjualan yang tepat dan waktu yang tepat
  • Pengujian dan evaluasi lead yang berkualitas

Sedikit penjelasan tentang tiga poin utama dalam lead management yang akan kami berikan untuk Anda:

 

1. Menjaga hubungan lead

Menjaga hubungan lead disini adalah tentang bagaimana Anda membangun hubungan dengan prospek berkualitas yang belum siap untuk melakukan pembelian. Ada banyak alat yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga ketertarikan prospek ini seperti melalui website, email, telepon, media sosial, buletin dan lain sebagainya.

 

Anda harus bisa memastikan bahwa kebutuhan Anda untuk melakukan penjualan dan kebutuhan lead terhadap produk/layanan harus dengan menciptakan pemahaman dan kebutuhan bersama. Dengan terjaganya komunikasi, Anda juga dapat melakukan penilaian terhadap lead yang akan Anda teruskan kepada tim sales.

 

2. Berkomunikasi dengan tim sales Anda

Bagian utama dari lead management adalah kerjasama antara tim marketing, tim sales dan juga Anda sebagai seorang leader. Terbuka terhadap semua proses merupakan kunci untuk dapat melakukan penjualan dengan cepat. Buatlah serangkaian kriteria-kriteria tertentu yang dapat membantu tim sales Anda memahami kapan prospek ini siap melakukan pembelian.

 

Tiap anggota tim sales Anda harus mengetahui semua proses komunikasi yang berjalan selama negosiasi atau pertanyaan-pertanyaan yang diutarakan oleh tim sales. Sehingga, ketika prospek menanyakan kembali, tim sales Anda dapat menjawabnya dengan mudah tanpa kesalahan. Salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan riwayat negosiasi atau komunikasi ialah dengan Cloud Based CRM. Dengan cloud Based CRM tim sales Anda dapat melihat semua data yang terdapat didalamnya dengan mudah baik melalui smartphone maupun melalui laptop.

 

3. Melacak dan melaporkan semua aktivitas pemasaran

Untuk memahami program pemasaran, marketing seperti apa yang sedang dijalankan, Anda harus menerapkan sistem pelacakan untuk melihat hasil marketing Anda secara reguler.

 

Pengujian marketing yang menghasilkan prospek berkualitas, menjaring prospek terbanyak yang berhasil di konversi ke penjualan, kapan Anda harus menghentikan program dan informasi terkait lainnya tentu harus benar-benar dipantau dengan baik. Karena pengujian saja tidak cukup, Anda membutuhkan evaluasi dari semua hal tersebut untuk mengetahui dampak pemasaran yang telah Anda jalankan.

 

Itulah pengaruh pentingnya lead management untuk bisnis dan untuk meningkatkan kemampuan tim sales dalam bekerja. Ikuti terus tips sales, marketing dan CRM dengan mendaftar newsletter secara gratis. Cukup isi email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK