Return to site

Strategi Meningkatkan Penjualan Dari Sales Profesional

Rahasia sukses sales profesional

Banyak salespeople yang sibuk dengan mengejar waktu untuk mencari cara dalam meningkatkan penjualan. Tetapi tidak banyak salespeople yang mengevaluasi kembali bagaimana cara mereka meningkatkan performanya. Seorang sales profesional tentu tahu bagaimana mengevaluasi hasil kinerjanya dan bagaimana mereka belajar untuk mengembangkan rencana agar bisa mencapai target.

 

Jika Anda ingin meningkatkan energi dalam penjualan Anda, simaklah strategi untuk meningkatkan penjualan yang umumnya digunakan oleh sales profesional berikut ini.

 

1. Meningkatkan nilai dari pelanggan favorit Anda

Tentu Anda memiliki seorang pelanggan favorit yang menurut Anda sangat membantu penjualan. Dekati pelanggan Anda ini, coba tanyakan kepada mereka apa target yang ingin mereka capai selanjutnya. Jika ada hal yang dapat dijadikan peluang untuk penjualan Anda, jadikan peluang tersebut untuk menambah pembelian darinya.

 

2. Tetap menjaga keharmonisan hubungan dengan pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan selalu menjadi kunci keberhasilan sales dalam meningkatkan penjualan dari pelanggan yang dimiliki saat ini (existing customers). Cara ini juga dapat Anda praktikkan untuk meningkatkan penjualan.

 

Cara termudah untuk melakukan pertemuan dengan pelanggan ialah dengan membuat seminar. Anda dapat mengundang sebagian dari pelanggan-pelanggan Anda secara gratis untuk membantu mereka mendapatkan motivasi baru dari seminar tersebut. Karena tidak mungkin Anda akan melakukan pertemuan secara bergantian dengan pelanggan-pelanggan Anda.

 

3. Melihat kembali sales pipeline

Sudah berapa lama sales pipeline yang Anda terapkan, apakah sales pipeline Anda masih efektif? Jika masih efektif, Anda dapat mempertahankan sales pipeline tersebut, jika dirasa sudah tidak efektif, segeralah Anda melakukan perubahan.

 

4. Berbagi pengetahuan

Berbagi pengetahuan dengan pelanggan atau prospek akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Ceritakan kepada mereka pengalaman-pengalaman positif dan negatif yang pernah Anda temui kepada pelanggan atau prospek. Kemudian, ceritakan kepada mereka bagaimana produk/layanan Anda menjadi solusi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Itulah strategi-strategi yang sering digunakan oleh sales profesional untuk meningkatkan penjualan. Bagaimana dengan Anda? Apakah ada cara lain yang lebih efektif dari empat hal yang kami sebutkan?

Ilustrasi (c) Pixabay.com