Return to site

3 Hal Yang Dapat Dimanfaatkan Dari Aplikasi CRM Untuk Bisnis

Keuntungan implementasi CRM bagi perusahaan

· CRM Di Indonesia,CRM

Melacak pelanggan mana yang dapat menjaga komunikasi dengan perusahaan, layanan seperti apa yang diinginkan oleh pelanggan, bagaimana mempertahankan pelanggan dan bagaimana mengembangkan basis pelanggan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Tidak memandang perusahaan besar atau kecil, hal ini perlu dilakukan oleh semua perusahaan. Banyak aplikasi CRM yang dapat ditemukan oleh pelaku bisnis, tetapi tidak semua dari mereka yang bersedia mengimplementasikan CRM dengan alasan mahal dan tidak memiliki tim IT atau hal-hal lain yang menjadi alasan mereka. Padahal, apabila mereka bersedia mencari tahu lebih jauh, ada banyak manfaat yang bisa diambil dari aplikasi CRM.

1. Mengatur, membangun dan menyimpan database pelanggan dan prospek

Manfaat aplikasi CRM yang paling mendasar adalah membangun database pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan. Bagi perusahaan besar maupun perusahaan kecil dapat dengan mudah mengatur dimana menempatkan pelanggan, produk, layanan, komplain dan lain sebagainya. Selain itu, perusahaan juga dapat dengan mudah menyimpan data prospek untuk mengetahui seberapa besar masalah yang mereka hadapi, seberapa sering perusahaan terhubung dengan prospek dan sampai mana prosesnya. Semua dapat dikumpulkan dalam satu tempat yakni dalam aplikasi CRM.

CRM juga dapat Anda manfaatkan untuk menunjukkan produk atau layanan yang paling diminati oleh pelanggan. Mengetahui kepuasan pelanggan merupakan salah satu landasan kesuksesan bisnis dan CRM dapat menjadi aset penting untuk memahami bagaimana pelanggan menilai perusahaan serta untuk melihat keakuratan data atau informasi untuk perusahaan yang berkaitan dengan pelanggan/prospek.

2. Melacak dan mengelola kampanye untuk penjualan

Sistem CRM dapat melacak proses penjualan dengan akurat baik proses melalui panggilan, email maupun melalui media lain. Ini juga dapat menunjukkan metode mana yang paling efektif untuk kampanye. CRM juga dapat membantu tim marketing memastikan bahwa materi promosi tidak dikirim berulang kepada prospek atau pelanggan.

3. Menemukan pelanggan baru, menjaga pelanggan saat ini dan mengembalikan mantan pelanggan

CRM merupakan sistem yang dapat bekerja secara cepat, otomatis, mudah dalam mengumpulkan, mengatur, mengelola dan meninjau informasi mengenai pelanggan saat ini, mantan pelanggan dan prospek. Manfaat ini dapat dimaksimalkan oleh tim sales maupun marketing untuk menarik pelanggan baru bahkan untuk menarik kembali pelanggan yang sudah pergi.

CRM juga dapat memudahkan perusahaan dalam mengidentifikasi pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi. Dengan demikian perusahaan dapat dengan mudah memastikan pelanggan mana yang harus mendapatkan rewards untuk tetap menjaga kesetiaan pelanggan-pelanggan tersebut.

Ingin mencari tahu manfaat lebih jauh bagaimana aplikasi CRM membantu perusahaan Anda? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com