Return to site

6 Cara Komunikasi Marketing Yang Lebih Baik

Memperbaiki komunikasi dalam memasarkan produk

· Tips Marketing

Marketing merupakan proses dalam bisnis yang tidak dapat berhasil hanya dengan melakukan beberapa langkah saja. Strategi dan keadaan pasar merupakan hal yang memberikan kontribusi besar pada hasil akhir kesuksesan pemasaran Anda. Memasarkan produk dengan sukses, diperlukan komunikasi marketing yang terintegrasi dengan strategi yang baik. Kita tahu, komunikasi marketing memiliki beberapa dasar penting seperti harga, tempat, produk dan promosi. Ketika tim marketing berhasil mengintegrasikan strategi dengan komunikasi marketing dengan baik, itulah saat dimana kesuksesan marketing dapat dicapai.

 

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh tim marketing agar komunikasi marketingnya dapat mencapai kesuksesan dan perlu Anda terapkan sebelum memulai untuk menciptakan strategi marketing.

 

1. Identifikasi target kampanye dan keterbatasan potensi

Keterbatasan potensi adalah metode marketing untuk mendapatkan pelanggan jangka pendek dan tidak terlalu mementingkan loyalitas pelanggan. Jika Anda ingin memiliki prospek dengan loyalitas tinggi buatlah kampanye yang benar-benar membangun kesadaran pelanggan untuk mengetahui semua tentang produk maupun perusahaan Anda.

 

2. Tentukan target audiens

Poin kedua ini tentu sudah cukup jelas dan sangat familiar dengan Anda. Kesuksesan dalam kampanye adalah bagaimana cara Anda menjangkau orang yang melihat produk Anda dalam kampanye tersebut dengan tepat. Ini dapat Anda capai dengan menggunakan wawasan pelanggan yang sudah ada dalam proses untuk melakukan penelitian sebelum berpikir secara strategis serta menggunakan pendekatan terhadap calon audiens dengan berbasis data.

 

3. Analisa wawasan

Wawasan adalah bagaimana Anda dapat mengetahui kekuatan kampanye yang Anda lakukan nantinya. Hal-hal yang perlu Anda jadikan poin penting dalam analisa ini diantaranya adalah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari perspektif audiens Anda.

 

4. Mengenali kompetitor dan kenali keunggulan kompetitif produk Anda

Lakukan analisa untuk mengetahui bagaimana kekuatan kompetitor dalam memasarkan produk dan menciptakan peluang penjualan. Ketika Anda sudah memahami poin tersebut, mulailah untuk memikirkan apa saja yang dapat menjadi keunggulan kompetitif dari produk Anda berdasarkan sudut pandang pelanggan. Jika Anda sukses menjaga keunggulan Anda, berarti Anda siap untuk mulai menarik perhatian audiens dalam kampanye.

 

5. Lebih kreatif

Memasarkan produk jangan hanya Anda lakukan dengan cara-cara yang sudah dilakukan oleh perusahaan lain saja. Tetapi, Anda juga perlu membuat metode kampanye, promosi dan lain sebagainya dalam pemasaran dengan cara yang lebih kreatif dan unik untuk menarik perhatian audiens. Ditengah kehadiran video marketing di social media seperti saat ini, bukan viralitas yang harus Anda bayangkan. Tetapi nilai efektivitas dari kampanye yang Anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih loyal.

 

6. Cek ulang ide-ide Anda

Ketika Anda mendapatkan ide besar dan luar biasa menurut Anda, cobalah untuk mengecek ulang ide Anda tersebut. Tanyakan pada diri sendiri, apakah ide Anda ini dapat menarik perhatian audiens dan sesuai dengan strategi yang Anda miliki atau tidak. Selanjutnya, bandingkan dengan hasil pemikiran Anda dengan orang lain dalam perusahaan Anda.

 

Itulah 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk komunikasi marketing yang lebih baik dalam mendukung penjualan di perusahaan Anda. Hal terakhir yang dapat kami berikan sebagai tambahan adalah pusatkan pemasaran Anda untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi. Kombinasikan strategi Anda dengan mulai mengimplementasikan Customer Relationship Management (CRM) untuk memiliki data yang lebih akurat sebagai pembantu komunikasi marketing Anda yang lebih baik di masa depan.

Ilustrasi (c) Pxhere.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK