Return to site

3 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilih Provider CRM

Mengenali sistem yang ditawarkan oleh provider sebelum memilih

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,CRM

Menggunakan perangkat lunak (software) CRM, menjadi salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengenal pelanggan lebih jauh. Anda dapat mengikuti proses dari top line hingga bottom line dalam sales pipeline dengan mudah. Anda juga dapat mengenali pelanggan-pelanggan yang dimiliki dan juga menjadikan perusahaan lebih siap untuk menghadapi potensi kehilangan pelanggan dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Di balik kemudahan dan manfaat tersebut, pelaku bisnis yang ingin menggunakan sistem CRM perlu memperhatikan dan mengavaluasi beberapa hal ini sebelum mengambil keputusan dalam memilih provider.

1. Apa saja yang bisa dilakukan sistem CRM yang menjadi pilihan Anda

Area bisnis yang dapat dicakup oleh sistem CRM sangat bervariasi. Begitu pula dengan fitur yang ditawarkan oleh masing-masing pengembang sistem CRM tersebut. Banyak aplikasi/sistem CRM yang dikembangkan hanya berfokus pada penjualan saja. Di mana sistem tersebut hanya menyimpan daftar penjualan layaknya sistem laporan penjualan. Namun, sistem tersebut tidak dapat dimanfaatkan untuk hal lain seperti lead scoring dan lead qualified. Sebagai sistem untuk membangun hubungan, tentu jika sistem hanya berisikan daftar pelanggan yang sukses melakukan pembelian, tentu ini tidak terlalu efektif untuk mencapai penjualan baru.

Di sinilah Anda perlu mulai mencari tahu apa saja yang dapat dilakukan CRM dari provider yang menjadi pilihan Anda. Anda perlu memperhatikan seberapa panjang proses untuk mencapai penjualan dan juga kemampuan sistem sebelum memilih. Misal, untuk proses yang sangat panjang, Anda perlu menggunakan CRM yang disertai dengan sistem kompleks. Namun untuk penjualan dengan proses pendek, Anda dapat menggunakan sistem CRM yang lebih sederhana namun tetap mencakup sistem utama yaitu hubungan dengan pelanggan, analisa dan juga KPI tim.

2. Kustomisasi

Seperti yang kami sebutkan pada poin pertama, CRM dapat mencakup berbagai bidang atau industri bisnis. Dari semua industri yang ada, tidak bisa Anda menggunakan satu modul CRM saja. Misal, bisnis perbankan/keuangan tidak dapat menggunakan sistem CRM yang dikhususkan untuk modul bisnis logistik. Anda perlu meminta perusahaan untuk menyediakan sistem CRM yang benar-benar sesuai dengan core business yang dijalankan oleh perusahaan.

Kustomisasi di sini bukan berarti jika Anda ingin fitur A, perusahaan harus mengikuti Anda dengan menambahkan fitur tersebut. Namun, kustomisasi adalah penggunaan CRM yang paling sesuai dengan bisnis. Sales1CRM, memiliki beberapa modul CRM yaitu Sales Force Automation (SFA), Work Force Automation (WFA) dan CRM. Di mana modul-modul tersebut akan diberikan kepada perusahaan yang paling sesuai.

3. Integrasi

Berapa kali tim melakukan panggilan pada prospek, integrasi dengan GPS, integrasi kontak email dan lain sebagainya merupakan fitur penting yang harus ada pada sistem CRM yang akan Anda gunakan. Tanpa integrasi-integrasi tersebut, Anda akan sulit untuk memantau semua proses. Anda juga dapat memastikan bahwa integrasi proses ini juga mencakup perubahan-perubahan data yang dilakukan oleh semua tim.

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan CRM. Tidak ingin salah dalam menggunakan sistem CRM? Sales1CRM akan memberikan pengalaman penggunaan CRM yang lebih baik untuk Anda. Konsultasikan kepada kami, kami akan memberikan saran sistem CRM kami yang mana yang dapat Anda gunakan. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly