Return to site

Managemen Lead Dengan Mempercepat Response Time

Tanggapan cepat, lead pun bisa segera mengambil keputusan

· Customer Service

Untuk mengembangkan lead management yang lebih fungsional dan menguntungkan, penting bagi perusahaan untuk memulainya dengan penetapan waktu tanggapan (response time) tim sales dan tim pemasaran yang dimiliki. Dengan demikian, semua tim baik sales dan marketing dapat lebih mudah dalam bekerja sehingga akan tercipta peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan pelanggan baru. Khususnya untuk Anda yang bergerak di bidang business to business (B2B). Selain membutuhkan proses yang panjang, peningkatan waktu dalam memberikan tanggapan kepada lead yang memiliki minat akan lebih mendekatkan mereka kepada perusahaan.

Contoh, jika sebelumnya Anda menerapkan waktu rata-rata untuk memberikan tanggapan terhadap pelanggan dengan kisaran 48 jam, cobalah untuk mengubah kebijakan dengan mulai menerapkan rata-rata dalam memberikan tanggapan maksimal 24 jam setelah Anda mendapatkan email, telepon atau media komunikasi lainnya. Pastikan pula dengan tanggapan tersebut Anda menerapkan cara tertentu yang dapat menginformasikan bahwa Anda mendapatkan pesan ketertarikan dari lead dan bagaimana cara Anda untuk memberikan solusi terhadap bisnis mereka.

Dengan memberikan respon yang lebih cepat, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan pemberian harga yang terbilang masih lebih mahal dibandingkan dengan harga kompetitor. Pelanggan akan tetap menilai bahwa apa yang mereka bayarkan seimbang dengan pelayanan atau tanggapan yang diberikan oleh perusahaan. Tak hanya itu saja, ketika Anda memberikan respon yang lebih cepat, pelanggan akan cenderung memfokuskan proses dengan Anda. Jika kebutuhan mereka mendesak, bukan tidak mungkin dikarenakan tanggapan cepat dari Anda menutup kesempatan lead untuk berpikir dan menunda pembelian.

Satu catatan penting untuk Anda, meskipun Anda sudah memberikan tanggapan cepat kepada lead, bukan berarti Anda dapat memaksakan prospek untuk segera melakukan pembelian. Biarkan lead Anda berpikir untuk segera melakukan pembelian dengan keinginannya sendiri. Lead akan merasa dihargai dengan tanggapan cepat dari Anda. Ini sudah menjadi nilai lebih untuk perusahaan dan tim sales. Selanjutnya adalah bagaimana tim Anda menanamkan nilai yang paling krusial dalam tercapainya penjualan. Seperti solusi, layanan dan inovasi yang terdapat pada produk dan layanan.

Sistem Customer Relationship Management (CRM) dapat membantu tim sales dan tim marketing untuk mengatur sistem distribusi lead dalam departemen Anda dengan lebih mudah. Penugasan tim untuk melayani lead baru pada tim sales tertentu dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus menunggu kembali ke kantor. Misal, tim customer service menerima telepon dari lead, tim CS dapat meneruskan informasi ini melalui sistem CRM. Pada sistem CRM ini, sales leader dapat memberikan tugas kepada tim sales yang kebetulan semuanya sedang berada di lapangan untuk melayani lead baru ini. Hanya perlu memperbarui data sistem CRM, tim yang di lapangan sudah bisa mendapatkan tugas tersebut akan mendapatkan notifikasi. Semakin cepat sistem memberikan notifikasi kepada tim sales yang ditunjuk, maka semakin cepat pula bagi mereka untuk segera memberikan tanggapan terhadap telepon lead tersebut.

Butuh informasi lebih lanjut mengenai sistem CRM dan ingin menggunakan sistem CRM dari Sales1CRM? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK