Return to site

Tips Untuk Menjangkau Pelanggan & Prospek

Strategi untuk menjangkau pelanggan dengan mudah

· Customer Service

Menjangkau pelanggan dan prospek merupakan bagian dari upaya komunikasi dan hubungan yang dilakukan salesperson agar mendapatkan potensi penjualan. Lumrahnya, salesperson melakukan tindakan pertama untuk menjangkau pelanggan dan prospek adalah dengan menghubungi melalui telepon dan email. Namun, upaya tersebut yang dilakukan tanpa perencanaan dan strategi menjadi hal yang tidak membuahkan hasil. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap masalah ini sebagai masalah sepele. Kunci keberhasilan penjualan baik untuk pelanggan lama dan pelanggan baru bergantung pada bagaimana cara Anda menjangkau prospek agar tercipta komunikasi dan hubungan dua arah yang saling memberikan solusi. Di sini, kami akan memberikan beberapa tips untuk menjangkau pelanggan & prospek agar mencapai hasil yang maksimal.

1. Membuat daftar tantangan

Tantangan adalah sesuatu yang dapat menjadi penghambat pertumbuhan bisnis yang dimiliki oleh pelanggan maupun prospek. Dengan membuat daftar tantangan yang bisa saja menghadapi mereka, Anda akan memiliki cukup banyak topik yang dapat menjadi bahan komunikasi. Tak hanya memiliki banyak topik, akan ada banyak informasi pula yang akan Anda dapatkan dari pelanggan. Di sini, peran Anda untuk melakukan risetbagi prospek yang dapat menguatkan daftar tantangan tersebut dan bagaimana nanti solusi dari produk Anda ini dapat membantu pelanggan dan prospek. Dengan menyambungkan antara tantangan dan produk, pelanggan maupun prospek akan lebih mudah dalam mengambil keputusan pembelian.

2. Menjangkau pelanggan dan prospek dengan pertanyaan

Anda tidak ingin melakukan riset untuk menjalankan poin #1? Anda masih memiliki cara untuk menjangkau pelanggan agar dapat mengumpulkan informasi. Namun, cara ini akan jauh lebih sulit untuk Anda gabungkan dengan produk. Diperlukan jawaban yang benar-benar relevan jika Anda ingin mulai masuk dalam penawaran produk.

3. Menjangkau pelanggan dengan prediksi yang terjadi di industri pelanggan

Mencari tahu industri dan perkembangan industri pelanggan di masa depan akan sangat membantu mereka mengantisipasi masalah tersebut. Jika prediksi cukup baik, ini juga akan mendorong pelanggan untuk mempersiapkan diri menghadapi industri dan bisnis mereka di masa depan. Dengan menggunakan strategi seperti ini, Anda tentu akan dapat memberikan efek yang sangat positif bagi pelanggan dan prospek.

4. Menjangkau pelanggan dengan menciptakan kepercayaan

Semua pelanggan dan prospek membutuhkan orang yang dapat dipercaya untuk menjalin kerjasama maupun konsultasi bisnis. Oleh karena itu, bangun kepercayaan Anda sejak awal pertemuan dengan prospek. Ketika pelanggan atau prospek sedang ada masalah, mereka dapat memilih Anda untuk membantu memberikan solusi. Jangan takut mereka akan menghubungi Anda hanya untuk konsultasi masalah yang tidak relevan dengan produk Anda. Karena, pelanggan dan prospek Anda bukanlah anak yang baru lulus sekolah menengah, melainkan mereka yang sudah profesional di bidangnya masing-masing.

Itulah tips-tips untuk menjangkau pelanggan yang dapat kami berkan. Semoga tips ini dapat membantu Anda memperbaiki komunikasi dan hubungan dengan pelanggan maupun prospek yang dimiliki. Jika Anda ingin menggunakan sistem aplikasi CRM dari kami, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly