Return to site

3 Hal Yang Harus Dilakukan Leader Dalam Sales Training Program

· Sales Training

Sales training program merupakan langkah tepat yang harus diambil oleh sales leader agar memiliki tim yang siap dalam menjalankan tugasnya dan mencapai penjualan sebanyak mungkin agar dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Tetapi, pengetahuan sales atas apa yang harus dilakukan oleh salesperson agar dapat meningkatkan penjualan sering kali berada pada cara yang salah. Ketika cara yang mereka lakukan salah, maka penjualan dan keuntungan yang diharapkan akan gagal didapat. Progam pelatihan sangat diperlukan oleh salesperson agar mereka dapat meningkatkan skill penjualan dan juga skill untuk dirinya sendiri yang dapat mendorong aktivitas dan proses penjualan. Namun, keberhasilan pelatihan juga harus diperhatikan. Anda sebagai leader perlu memahami hal-hal berikut ini untuk mendukung keberhasilan program pelatihan untuk tim sales yang Anda miliki.

1. Dukungan dan bantuan dari perusahaan

Perusahaan harus berani memberikan dukungan dan bantuan jika diperlukan untuk menjalankan program pelatihan ini. Tanpa adanya dukungan dari perusahaan, sales leader juga tidak akan dapat melatih tim sales dengan maksimal. Sebagai contoh, untuk memperkuat pemahaman sales leader terhadap penjualan, maka ia perlu memperdalam pengetahuan penjualannya. Ini bisa didapat jika leader juga mendapatkan mentoring dari pejabat perusahaan seperti CEO atau mendatangkan mentor jika keadaan sudah sangat mendesak. Dukungan seperti ini sangat penting bagi leader agar dapat memberikan praktik dan materi yang lebih akurat.

2. Membuat rangka pelatihan

Strukturisasi program pelatihan untuk tim sales dengan membuat rangka yang tersusun dengan rapi dan sesuai dengan jadwal yang diharapkan. Anda tidak akan mampu memberikan pelatihan jika tidak disertai rangka dan strukturisasi. Karena, ketika pelatihan sudah dijalankan tanpa adanya struktur yang baik, pelatihan akan berlanjut tanpa arah yang jelas yang justru dapat mempersulit Anda sendiri.

3. Memastikan performa program pelatihan

Tolok ukur dari keberhasilan program dapat Anda lihat dari perilaku, tingkat keberhasilan dan meningkatnya jumlah penjualan yang didapat oleh tim sales. Selain faktor tersebut, dari sisi keahlian juga akan menunjukkan perbedaan yang signifikan dari salesperson itu sendiri. Memantau dan memastikan performa keberhasilan program pelatihan ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak membuang-buang waktu dalam program pelatihan yang diharapkan mencapai keberhasilan dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com