Return to site

3 Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Sales Pemula Agar Dapat Bekerja Maksimal

Pekerjaan sales yang perlu Anda pahami

· Motivasi

Sebagai sales pemula, tentu Anda akan berpikir bahwa menjual adalah pekerjaan yang sulit untuk bisa dilakukan, mengingat banyaknya pilihan yang akan didapatkan oleh pelanggan maupun prospek, tingkat kesulitan salesperson untuk bisa merebut hati target akan semakin menantang. Berawal dari hal inilah banyak salesperson yang memutuskan untuk berhenti menjalani karir dan banting setir ke posisi lain yang mereka anggap lebih mudah. Padahal, ketika pekerjaan lain tersebut  hasilnya pun akan sama yaitu penuh tantangan.

Daripada Anda harus belajar hal baru secara terus menerus karena merasa posisi saat ini tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Alangkah baiknya jika Anda lebih fokus untuk menjadi salesperson yang dapat memaksimalkan semua peluang menjadi penjualan. Guna membantu Anda mencapai hasil yang baik. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

1. Memantapkan semangat dan sikap antusiasme dalam menjalani karir

Pertama kali Anda harus mengubah pola pikir Anda terkait posisi sebagai sales. Jika awalnya Anda menganggap posisi ini sebagai posisi sementara daripada nganggur, jadikan kesempatan ini sebagai jalan karir Anda yang sebenarnya. Memantapkan diri untuk menjadi salesperson yang profesional dengan antusiasme yang tinggi dalam setiap pekerjaan yang dijalani. Mulai dari proses penjualan pertama yakni menyaring lead hingga tercapainya closing.

2. Belajar Memahami Sebelum Ingin Dipahami

Dalam proses penjualan, kita sangat diharuskan untuk memahami pelanggan-pelanggan kita. Jika Anda menjadi sales hanya ingin dibeli dan dipahami oleh pelanggan, tetapi tidak pernah memahami apa yang mereka inginkan, tentu penjualan ini akan sulit untuk dicapai. Mempelajari apa saja yang menjadi keluhan pelanggan dan bagaimana cara Anda memberikan solusi inilah yang disebut memahami untuk dipahami. Jika solusi dan masalah sudah memiliki kesamaan, sudah pasti penjualan akan lebih mudah didapat. Bagaimana agar bisa dipahami? Yang harus Anda lakukan adalah dengan meningkatkan hubungan dengan prospek maupun dengan pelanggan yang dimiliki saat ini.

3. Jangan pernah berhenti belajar

Dunia sales merupakan dunia yang sangat fleksibel. Anda tidak bisa menjalankan strategi saat ini untuk digunakan secara terus-menerus hingga 20 tahun ke depan (misal). Karena, perubahan pasar dan perubahan karakter pelanggan maupun kompetisi dapat berpengaruh besar terhadap keberhasilan Anda. Jadi, selalu mempelajari apa pun yang belum Anda kuasai. Agar Anda semakin siap untuk menghadapi semua tantangan di masa depan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com