Return to site

3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sales Reps Dalam Penjualan

Pengujian untuk bisa meningkatkan peluang penjualan

· Tips Sales,Tips Marketing

Meningkatkan kesuksesan penjualan untuk sales representatif merupakan tantangan yang sangat besar. Bahkan tak sedikit dari mereka harus kembali pada dasar penjualan ketika mereka mengalami kendala penjualan. Karena, ketika sales representatif lupa dengan dasar penjualan atau tidak yakin bagaimana mengembalikan penjualan pada jalur yang benar, maka mulailah untuk memikirkan kembali apa yang harus Anda lakukan.

Ketika ingin meningkatkan penjualan dan mencapai kesuksesan dalam mencapai target satu hal utama yang harus Anda perhatikan adalah dengan melakukan pengujian. Beberapa hal berikut ini yang paling penting dan harus Anda uji atau Anda pertimbangkan untuk meningkatkan penjualan Anda.

1. Media dan pesan marketing Anda

Ketika Anda mengalami penurunan penjualan, perhatikan bagaimana cara Anda menyampaikan pesan marketing dan media apa yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan Anda. Contoh, ketika Anda melihat potensi penjualan dengan media marketing melalui TV, maka Anda dapat memaksimalkan marketing Anda melalui media tersebut. Selain itu, Anda juga harus melakukan pengujian pesan/konten seperti apa yang paling efektif dalam menarik pelanggan.

Dengan pengujian ini, Anda dapat memastikan bahwa cara marketing Anda berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari hasil test yang Anda lakukan.

2. Model kualifikasi prospek

Prioritas prospek adalah berdasarkan kualifikasi masing-masing prospek yang Anda miliki. Dimana Anda harus memastikan bahwa prospek sudah memenuhi syarat dan berpotensi melakukan pembelian. Adapun kualifikasi prospek berkualitas adalah memiliki hak untuk mengambil keputusan, memiliki kebutuhan, memiliki budget.

3. Sistem yang pasti

Pengujian dan strategi yang Anda lakukan adalah untuk memastikan bahwa Anda dapat memperoleh kinerja yang sesuai dengan harapan. Apabila Anda telah memahami bahwa ada solusi yang tidak bekerja, Anda dapat dengan cepat melakukan perubahan.

Sistem pasti yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk mencapai kesuksesan penjualan diantaranya adalah dengan analisa data, melakukan perencanaan, mengevaluasi hasil kerja dan melakukannya secara berulang-ulang. Semakin banyak data yang dikumpulkan, hasil yang didapatkan pun akan dapat memaksimalkan penjualan. Diperlukan pemusatan data agar dapat dengan mudah melakukan evaluasi. Menggunakan aplikasi CRM dapat menjadi solusi yang tepat untuk menganalisa dan mengevaluasi data penjualan Anda.

Pernahkah Anda menjalankan satu dari tiga poin yang kami sebutkan di atas? Mana yang paling efektif bagi Anda dalam meningkatkan penjualan? Silakan tinggalkan komentar Anda!

Ilustrasi (c) Unsplash.com