Return to site

Melacak Prospek Dengan Aplikasi CRM Untuk UKM Di Indonesia

Bagaimana UKM memanfaatkan CRM untuk bisnis

· CRM Di Indonesia,CRM

Untuk perusahaan besar, melacak pelanggan/prospek, mengkualifikasi prospek serta tetap terhubung dengan pelanggan maupun orang-orang yang tertarik pada produk atau layanan perusahaan dengan implementasi aplikasi CRM merupakan hal yang lumrah. Akan tetapi, bagi Anda yang saat ini masih berada pada kategori bisnis kecil atau UKM di Indonesia, hal ini mungkin masih jauh dalam pemikiran Anda. Padahal, dengan potensi pasar yang sangat besar di negara ini, semua UKM mampu bersaing dengan perusahaan besar Indonesia lainnya dengan implementasi aplikasi CRM sejak dini.

Tetapi, ketika Anda tetap berpikir bahwa bisnis Anda yang masih kecil dan tidak perlu mengimplementasikan CRM di Indonesia, dapat diartikan bahwa Anda akan terus berada pada pendekatan buta terhadap prospek-prospek baru. Sehingga, Anda tidak bisa lagi melacak prospek-prospek Anda dan bahkan membiarkan peluang penjualan yang bisa Anda dapatkan hilang begitu saja.

Jika kami boleh menilai, implementasi CRM tradisional dan paling sederhana sudah sering kita temui dalam bisnis di Indonesia. Sebagai contoh, ketika Anda sedang berada pada suatu forum untuk membangun jaringan bisnis baru, tentu Anda akan meminta atau memberikan kartu nama kepada setiap orang baru yang Anda temui. Harapan Anda tentu ingin menjalin hubungan dengan orang yang Anda temui tersebut.

Bertukar kartu nama tidak menjamin keamanan data calon pelanggan Anda. Karena, ketika Anda lupa menyimpan kontak atau kehilangan kartu nama ketika di perjalanan, Anda pun kehilangan orang yang bisa menjadi prospek Anda di masa yang akan datang. Risiko-risiko seperti ini lah yang membuat bisnis kecil/UKM tidak mampu mencari prospek dengan baik.

Lain halnya jika Anda mengimplementasikan CRM sejak dini, Anda dapat menyimpan data prospek Anda pada CRM tanpa meminta kartu nama prospek. Cukup menyimpan kontak seperti saat Anda meminta nomor HP dan Email pada smartphone Anda. Bedanya, dengan aplikasi CRM Anda dapat melacak semua aktivitas yang Anda lakukan dengan prospek Anda. Seperti, menyimpan percakapan yang telah Anda lakukan, menjadwalkan follow-up, pemberitahuan jika ada task baru pada aplikasi CRM dan lain sebagainya. Bahkan, ketika Anda ingin melacak pelanggan-pelanggan lama yang Anda miliki pun akan lebih mudah.

Teknologi seperti ini memang tidak akan Anda pikirkan untuk saat ini, akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi dan juga persaingan yang lebih ketat, suatu saat nanti Anda akan sangat membutuhkan data pelanggan lama Anda untuk meningkatkan penjualan. Jika Anda belum mengimplementasikan aplikasi CRM, coba mulailah sekarang! Silakan hubungi kami jika Anda ingin mengetahui manfaat lebih lanjut tentang aplikasi CRM untuk bisnis kecil yang Anda jalankan saat ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com