Return to site

Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Yang Lebih Kuat

Perlukah langsung memperluas pasar dalam strategi penjualan?

· Tips Sales

Tidak peduli bisnis Anda adalah bisnis kecil maupun besar, Anda harus terus meningkatkan penjualan agar bisnis tetap berjalan. Banyak perusahaan yang memikirkan cara-cara sulit agar bisa bertahan. Padahal, dengan strategi yang tepat dan terbilang cukup sederhana perusahaan dapat meningkatkan penjualan dengan lebih cepat. Apa saja yang harus dilakukan? Ini jawabannya!

1. Meningkatkan penetrasi pada pasar yang sudah ada

Tidak perlu Anda memperluas pasar dengan cepat untuk meningkatkan penjualan. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan memaksimalkan penetrasi penjualan di pasar yang Anda miliki saat ini. Ketika Anda fokus pada pasar yang sudah Anda miliki saat ini, tim Anda dapat bekerja lebih mudah, karena sudah memahami pola pelanggan dan juga reputasi baik yang bisa Anda dapatkan dari pasar.

2. Ekstensi produk (produk tambahan)

Strategi lain untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membuat ekstensi produk dari produk yang sudah Anda miliki saat ini. Sebagai contoh, ketika Anda memproduksi laptop, Anda dapat menjual produk-produk lain yang masih berkaitan dengan produk tersebut seperti modem atau headset. Sehingga, pelanggan Anda yang memiliki kebutuhan akan modem dapat melakukan pembelian kepada Anda.

3. Segmen pelanggan baru

Ketika Anda berhasil menciptakan produk yang dapat diterima oleh pelanggan, Anda dapat mulai menciptakan produk untuk menyasar pelanggan-pelanggan baru. Sebagai contoh, ketika produk Anda berhasil menarik perhatian masyarakat umum, Anda dapat menciptakan produk untuk kelas atas/premium. Atau Anda juga dapat menciptakan produk baru untuk segmen-segmen pelanggan tertentu. Misal, awalnya Anda membuat produk untuk ibu-ibu hamil, Anda dapat menambah produk Anda untuk menyasar anak-anak bayi atau balita.

4. Pasar/distribusi baru

Ketika Anda sudah berhasil menguasai pasar yang sudah ada, selanjutnya Anda dapat menyusun strategi untuk menyasar pasar baru. Jika untuk pasar baru belum memungkinkan, Anda dapat mengubah distribusi Anda. Sebagai contoh, jika awalnya Anda menjual produk untuk fokus pada pasar tradisional, Anda dapat mencoba untuk memasukkan produk Anda pada retail-retail yang lebih luas seperti minimarket/supermarket yang masih berada pada wilayah pasar Anda.

5. Layanan baru

Memberikan layanan baru kepada pelanggan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Alasannya sederhana, kemudahan untuk mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan. Sebagai contoh, jika Anda menjual produk elektronik, tawarkan layanan service gratis atau service resmi untuk produk-produk Anda. Cara lain juga dengan menawarkan layanan pengiriman gratis untuk pelanggan.

Itulah strategi-strategi meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK