Return to site

3 Hal Yang Harus Disampaikan Kepada Tim Sales Agar Bersedia Menggunakan Sistem CRM

· Tips Sales,CRM Software

Tim marketing dan tim sales harus bisa bekerja dengan beriringan tanpa harus memikirkan persaingan diantara keduanya. Di era digital seperti saat ini, tim sales dan tim marketing dapat bekerja dengan memanfaatkan sistem digital untuk membantu meringankan pekerjaannya, salah satunya adalah sistem CRM. Sistem CRM adalah sistem Manajemen Hubungan Pelanggan, dimana sistem ini diciptakan untuk memusatkan komunikasi semua tim di dalam organisasi dan meningkatkan proses penjualan, memungkinkan kemudahan dalam memantau data pelanggan di seluruh tahapan sales pipline yang berbeda.

Dengan menggunakan sistem CRM di tangan kita, mengapa banyak tim sales menolak penerapan CRM dan memilih tetap menggunakan cara tradisional? Jawabannya mudah. Sudah menjadi sifat manusia untuk bertahan pada cara lama dan lambat dalam menerima perubahan, dan ketika perubahan melibatkan teknologi, penolakan itu sering kali terjadi lebih kuat. Teknologi baru yang diimplementasikan berarti membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempelajari teknologi baru dan proses tersebut, seperti entri data dan pelaporan, yang mana harus diubah dari menyimpan dari catatan ke sistem CRM.

Dengan penjelasan yang tepat dan penalaran yang baik, Anda dapat membawa tim sales dan tim marketing serta melibatkan mereka dengan sistem CRM yang Anda pilih. Berikut adalah 3 alasan untuk berbagi dengan tim Anda bahwa teknologi baru pasti akan menguntungkan mereka.

1. Data yang terpusat

Ingatkan tim Anda bahwa setelah menggunakan CRM, mereka tidak perlu mencari ratusan email atau dokumen untuk menemukan informasi pelanggan atau untuk melihat titik komunikasi terakhir. Banyak sistem Manajemen Hubungan Pelanggan seperti Sales1 yang telah disinkronkan ke penyedia email dan kalender yang membuat satu tempat untuk semua informasi yang berkaitan dengan pelanggan serta komunikasi terakhir kali dilakukan.

2. Dapat berbagi ide dan pemikiran yang lebih luas

Lupakan keharusan mengingat informasi pelanggan berulang kali! Jika digunakan dengan benar dan konsisten, CRM akan menyimpan informasi pelanggan (kontak dan perusahaan) untuk tim Anda sehingga mereka dapat menggunakan informasi tersebut untuk fokus pada penjualan yang sebenarnya.

3. Komunikasi yang efisien

Percaya atau tidak, perusahaan besar sering kali menghadapi kurangnya komunikasi antar departemen. Dengan CRM, tim penjualan Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan, Pemasaran, Manajemen, dan departemen lain yang terlibat. Dengan sistem ini pula tim akan lebih mudah untuk meminimalisir kesalahan data dan kesalahpahaman informasi terkait pelanggan, prospek maupun lead.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK