Return to site

3 Cara Agar Perusahaan Memiliki Layanan Pelanggan Yang Baik

· Tips Sales

Saat ini, semua bisnis berfungsi dalam lingkungan yang didorong oleh pelanggan. Banyaknya pilihan di hampir setiap sektor telah mendorong perusahaan untuk memperjuangkan dan mempertahankan perhatian pelanggan. Selain itu, bukan hanya produk/layanan atau harga yang harus bersaing dengan mereka, tetapi juga layanan pelanggan. Bahkan, saat ini perusahaan sudah bersaing pada bagaimana cara memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan demi mendapatkan loyalitas dari pelanggan-pelanggan yang mereka miliki. Jadi, meningkatkan layanan pelanggan Anda dapat membantu bisnis kecil Anda tumbuh dengan mantap dengan basis pelanggan yang setia. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips penting untuk meningkatkan layanan pelanggan yang dapat Anda terapkan:

1. Gunakan software untuk layanan pelanggan

Anda tidak dapat memberikan layanan pelanggan yang baik tanpa staf yang kompeten dan memiliki empati pada pelanggan. Namun bukan itu saja, Anda juga perlu menggunakan teknologi yang tepat. Di situlah perangkat lunak layanan pelanggan memasuki gambar. Ketika bisnis menggunakan software untuk layanan pelanggan, mereka bermaksud untuk menyimpan informasi pelanggan dan merampingkan proses penjualan. Dengan memanfaatkan software untuk layanan pelanggan seperti chat danCustomer Relationship Management (CRM)Anda dapat dengan mudah mengatur proses melalui platform untuk meningkatkan komunikasi pelanggan. Karena pelanggan dapat menghubungi Anda melalui berbagai saluran seperti telepon, email, media sosial, dan situs web, software CRM dapat menyimpan semua percakapan selama beberapa waktu untuk Anda jadikan referensi untuk proses penjualan selanjutnya. Dengan CRM, semua data tentang aktivitas dan pembelian pelanggan yang terjadi sebelumnya juga dapat Anda gunakan untuk memberi mereka pengalaman unik tanpa meminta tim sales mengulanginya dari awal atau mencari data diberbagai tempat.

2. Tersedia di berbagai saluran

Pelanggan Anda dapat membuka situs web Anda, memulai percakapan melalui live chat, mengirimkan email atau langsung menelepon melalui call center. Mereka juga dapat mengirimi Anda pesan di media sosial dan sebagainya. Ini merupakan keuntungan bagi Anda apabila dapat menyediakan semua saluran untuk pelanggan melakukan panggilan atau menghubungi perusahaan. Keuntungan yang paling signifikan dari ketersediaan perusahaan di berbagai saluran adalah pelanggan Anda memiliki opsi bagaimana mereka ingin berkomunikasi dengan Anda terkait pertanyaan atau keluhan. Tapi bukan itu saja, pelanggan akan menyukai komunikasi yang menumbuhkan kenyamanan, layanan yang ramah, bantuan dan kecepatan,berpengetahuan luas adalah elemen pengalaman pelanggan yang penting lainnya.

Oleh karena itu, mulailah untuk mengimplementasikan CRM seperti Sales1 untuk memantau, merampingkan dan menjawab semua pertanyaan secepat mungkin di mana pun mereka berasal baik dari situs web, media sosial, obrolan, email, atau telepon.

3. Aktifkan layanan mandiri untuk pelanggan Anda

Pelanggan akan lebih suka untuk menggunakan alat layanan mandiri digital seperti obrolan online atau basis pengetahuan untuk pertanyaan sederhana. Hal ini tidak mengherankan karena pelanggan pertama kali mencari jawaban secara online sendiri melalui video panduan atau artikel FAQ sebelum menghubungi tim dukungan pelanggan di perusahaan. Jadi, saat Anda memutuskan untuk membangun basis pengetahuan, identifikasi alasan utama pelanggan menghubungi tim dukungan Anda, maka aktifkan layanan berupa FAQ pada website atau dengan memberikan video panduan melalui youtube channel official perusahaan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com