Return to site

Mengapa Memantau Aktivitas Penjualan Itu Penting?

· Tips Sales

Melacak/memantau setiap aktivitas penjualan yang dilakukan secara tradisional/konvensional adalah metode yang dilakukan sejak dulu kala. Kehadiran teknologi kini telah membantu sales dalam melakukan pemantauan aktivitas penjualan dengan cara yang lebih sederhana dan terbukti dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dan produktivitas tim sales. Kebanyakan sales saat ini sudah mengerti dan memahami ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk membantu pekerjaannya. Akan tetapi, pendekatan 360 derajat adalah hal yang akan membantu sales berhasil karena seluruh konsep penjualan telah mengalami evolusi yang cepat.

Mengapa memantau aktivitas penjualan itu penting?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dikarenakan pemantauan aktivitas penjualan adalah salah satu penggerak dalam setiap proses penjualan yang harus dilakukan oleh sales dan leader. Memantau kemajuan yang dihasilkan oleh tim sales adalah sesuatu yang harus menjadi komitmen tim sales dan sales leader untuk mengetahui bagaimana kinerja tim selama periode yang ditetapkan dan ini dapat dijadikan acuan data dalam perbaikan ataupun untuk pengembangan proses yang lebih baik, efektif dan efisien. Mempelajari cara memantau penjualan menjadi lebih penting saat ini karena perusahaan dan pemilik bisnis perlu mengetahui apakah mereka mendapatkan hasil yang diinginkan atau tidak.

Perjalanan da;am proses penjualan secara keseluruhan terkadang melelahkan. Tetapi, dalam mekanisme pemantauan proses dan hasil penjualan yang efektif akan membantu Anda mendapatkan semua detail tentang kinerja tim sales, saluran penjualan dan prospek dan tentu saja pelanggan serta hasil secara keseluruhan. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah dalam proses pemantauan kinerja sehari-hari yang dicapai oleh tim sales.

Apa saja hal penting yang harus dilakukan untuk pemantauan penjualan?

  1. Konsistensi
    Kapan pun Anda memantau penjualan, pastikan untuk mengingat data yang dikumpulkan dan seberapa sering diperbarui. Pengambilan data secara konsisten memungkinkan Anda membebaskan waktu yang berharga bagi tim penjualan untuk langsung fokus pada prospek. Penggunaan sistem CRM berbasis cloud dapat memudahkan tim sales dalam melakukan pembaruan yang dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki.

  2. Akurasi
    Data yang disimpan harus akurat dan tim Anda memberikan sedikit waktu setiap hari untuk menyimpan data setelah interaksi penjualan yang penting. Data yang akurat akan membantu Anda menyadari di mana Anda bekerja dengan baik dan di mana Anda perlu melakukan peningkatan.

  3. Perspektif
    Gunakan data ini untuk mengisi saluran penjualan, mengonversi prospek, dan membuat tim bekerja di area yang tepat. Dengan memaksimalkan penggunaan data dan bagaimana cara Anda memandang data tersebut sangat penting untuk dilakukan. Karena, sebaik apa pun data jika Anda tidak memiliki perspektif yang tepat untuk data tersebut maka hasilnya tidak akan sesuai dengan ekspektasi Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com