Return to site

3 Hal Yang Membuat Marketing Automation Penting Untuk Bisnis Anda

· Tips Marketing

Marketing automation adalah penggunaan teknologi untuk mengotomatisasi proses pemasaran. Pada dasarnya, alat ini untuk merampingkan proses dalam pemasaran untuk menyediakan akses dan manajemen yang lebih mudah daripada kampanye pemasaran tradisional. Ini mencakup hal-hal yang biasanya berulang seperti email, follow up dan posting media sosial.

Marketing automation haruslah diutamakan oleh usaha kecil hingga menengah. Meskipun umumnya sistem ini digunakan dalam industri Business to Business (B2B). Namun, saat ini marketing automation telah berkembang menjadi alat yang digunakan oleh perusahaan yang bergerak untuk Business to Customer (B2C), Keputusan ini diambil karena dengan menggunakan sistem ini dapat memperkuat pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Apa yang membuat marketing automation begitu penting?

Dunia bisnis yang kita hadapi terus berkembang dari waktu ke waktu. Menggunakan otomasi adalah persyaratan untuk bekerja menjadi lebih efisien dan untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi. Antara bersaing dengan bisnis lain dan bekerja untuk meningkatkan penjualan dengan pelanggan Anda, Anda memiliki hal lain yang harus difokuskan yaitu fokus pada penyediaan produk yang berkualitas tepat waktu. Pengaturan waktu adalah segalanya agar bisnis berhasil. Sulit untuk mendapatkan manajemen waktu yang sempurna. Di sinilah marketing automation ada untuk membantu perusahaan bekerja lebih baik dan efisien.

Apa saja yang ada dalam marketing automation?

Marketing automation datang dalam bentuk perangkat lunak yang dirancang untuk membuat pemasaran lebih mudah dan lebih efisien. Namun, ada berbagai jenis pilihan marketing automation yang dapat Anda gunakan. Tentu saja, dalam penggunaan perangkat lunak tertentu akan lebih baik untuk setiap bisnis yang berbeda, namun platform ini mampu menyatukan berbagai macam tools yang digunakan untuk satu kepentingan yang relevan. Apa yang membantu dalam pemilihan platform marketing automation adalah memilih alat apa yang sesuai dengan tujuan pemasaran Anda. Berikut adalah beberapa alat yang akan Anda dapatkan dari marketing automation.

1. Email marketing automation

Penggunaan marketing automation yang umum adalah email otomatis. Mengirim email ke pelanggan bisa menghabiskan waktu. Setelah dilakukan secara otomatis, Anda dapat mengelola email dengan cara yang lebih efisien. Email-email ini menjadi lebih terpusat dan dapat dianalisa berdasarkan perilaku pelanggan, yang pada akhirnya dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk bisnis Anda.

2. Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM

Penggunaan umum lainnya dari marketing automation adalah manajemen hubungan pelanggan atau CRM. Jenis otomatisasi ini mengungkapkan apa yang disukai pelanggan. Software ini memungkinkan Anda menghindari tugas rumit dari salesperson untuk mengenali data pelanggan dan menyusun apa yang tampaknya paling sesuai dengan pelanggan Anda.

Pengelolaan data menjadi salah satu hal yang dapat memakan waktu dan menghambat upaya Anda untuk menyediakan layanan cepat, barang, layanan pelanggan tepat waktu. CRM akan memungkinkan Anda melihat informasi pelanggan untuk lebih mempersonalisasi interaksi. Sehingga proses dapat dilakukan lebih tepat waktu untuk mencapai kepuasan pelanggan dengan memfokuskan pada hubungan dan personalisasi.

3. Otomasi Media Sosial

Penggunaan umum lainnya dari marketing automation adalah otomasi media sosial (Social Media Automation). Menggunakan platform media sosial populer seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah suatu keharusan untuk pemasaran. Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK