Return to site

3 Hal Yang Perlu Diperbaiki Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Hal-hal yang dapat Anda lakukan jika menginginkan pelanggan yang lebih puas

· Tips Sales

Anda tidak akan bisa memiliki pelanggan yang merasa puas terhadap produk maupun layanan yang Anda miliki apabila tidak pernah bisa meningkatkan layanan terhadap pelanggan-pelanggan yang dimiliki. Padahal, tingkat kesuksesan bisnis Anda dapat diukur dengan seberapa besar tingkat/nilai kepuasan yang didapatkan oleh pelanggan. Semakin rendah tingkat kepuasan pelanggan, itu artinya bisnis Anda membutuhkan perubahan secara menyeluruh. Mulai dari perbaikan produk, perbaikan layanan serta respon terhadap komplain pelanggan.

Apabila Anda ingin mengukut tingkat kepuasan pelanggan, langkah yang perlu Anda ambil adalah dengan mengirimkan survei tingkat kepuasan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Selain mengirimkan survei, Anda juga perlu memperbaiki beberapa poin berikut ini:

1. Mencari tim yang tidak dapat memberikan layanan baik terhadap pelanggan

Tim Anda sebagai penghubung antara perusahaan dan pelanggan. Jika tim yang melayani pelanggan baik, maka tingkat kepuasan pelanggan juga akan baik. Untuk itu, Anda perlu membuat metrik kinerja tim yang terhubung dengan pelanggan-pelanggan Anda. Temukan tim yang tidak dapat memberikan pelayanan dengan baik terhadap pelanggan, latihlah mereka untuk lebih peduli terhadap kepuasan pelanggan-pelanggan yang ia temui. Ini berlaku untuk tim sales, tim marketing, sales leader dan juga customer service (CS).

2. Memanusiakan pelanggan

Pelanggan Anda bukan mesin ATM yang hanya Anda jadikan pencetak uang untuk bisnis. Mereka adalah manusia yang membutuhkan perhatian, membutuhkan saran, membutuhkan empati dari perusahaan. Jika Anda berhasil menjadikan pelanggan sebagai bagian dari “nadi” perusahaan, tentu tidak ada perusahaan yang hanya mencari keuntungan dari pelanggan-pelanggannya saja. Tetapi, perusahaan juga akan memberikan ide, mencarikan solusi dan lain sebagainya sebagai bentuk untuk menjaga agar perusahaan tetap sehat dengan memperhatikan pelanggan-pelanggannya.

3. Memberikan rewards terhadap pelanggan yang memberikan kontribusi terhadap perusahaan

Rewards bukan hanya untuk mereka yang melakukan pembelian dengan jumlah besar. Pelanggan yang memiliki kontribusi berupa ide, saran dan kritikan yang dapat membawa perusahaan lebih maju/sukses berhak untuk mendapatkan rewards dari perusahaan. Tak harus berupa uang atau produk, Anda dapat memberikan rewards berupa kenaikan level pelanggan dari biasa ke VIP atau dengan cara-cara lainnya yang dapat

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK