Return to site

Tantangan Yang Harus Dihadapi Saat Baru Menggunakan Aplikasi CRM

Ini yang akan Anda hadapi saat awal implementasi CRM

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Perusahaan yang baru menggunakan aplikasi CRM sangat lumrah apabila merasa menghadapi tantangan. Tantangan-tantangan ini dapat berupa pekerjaan yang semakin banyak di awal-awal penggunaan aplikasi atau ketidakpahaman tim sales dalam mengoperasikan aplikasi CRM. Namun, jangan pernah takut untuk menghadapi tantangan ini, karena tantangan ini merupakan tantangan sementara dan akan lebih mudah ketika Anda sudah berhasil menghadapi tantangan tersebut. Lalu, apa saja tantangan lain yang akan Anda hadapi ketika baru menggunakan aplikasi CRM?

1. Penolakan dari sebagian tim

Sebagian dari tim sales maupun tim marketing akan menganggap bahwa menggunakan CRM hanya akan menambah pekerjaannya. Sehingga, sebagian dari tim Anda akan melakukan penolakan terhadap penggunaan aplikasi ini. Namun, jangan pernah menyerah untuk meningkatkan kesadaran tim sales maupun tim marketing yang Anda miliki untuk tetap menggunakan aplikasi CRM. Karena, aplikasi ini adalah untuk membantu mempermudah pekerjaannya bukan untuk menambah pekerjaannya menjadi lebih sulit.

2. Import data pelanggan

Untuk data-data pelanggan lama yang belum Anda masukkan pada sistem CRM, tentu Anda harus melakukan import data pada aplikasi CRM. Aktivitas ini tentu membutuhkan waktu yang variatif. Untuk perusahaan yang belum memiliki jumlah pelanggan yang banyak, tentu prosesnya akan lebih cepat. Sedangkan untuk perusahaan yang sudah memiliki pelanggan dengan jumlah besar, harus menemukan cara terbaik untuk memasukkan data pada CRM. Baik dengan spreadsheet maupun dengan metode lainnya sesuai dengan fitur aplikasi CRM.

3. Integrasi

CRM merupakan aplikasi yang dapat terintegrasi dengan berbagai layanan seperti email marketing, media sosial, telepon, sms dan lain sebagainya. Untuk perusahaan yang baru menggunakan aplikasi CRM, kemungkinan Anda akan bingung harus memulainya dari mana. Di sinilah peran pelatihan dari penyedia CRM akan membantu memudahkan Anda dalam mengintegrasikan CRM dengan alat-alat lainnya.

4. Memilih fitur yang sesuai dengan perusahaan

Masing-masing CRM memiliki fitur yang berbeda-beda. Saat Anda baru memilih CRM, tentu akan ada fitur-fitur tambahan yang bisa saja tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, mintalah saran dari penyedia jika Anda masih belum memahami aplikasi yang Anda gunakan tersebut.

5. Alasan-alasan lain

Ketika Anda baru mengimplementasikan aplikasi CRM untuk bisnis akan ada banyak alasan yang keluar dan menjadi tantangan perusahaan untuk menjelaskan semuanya pada tim.

Dari ke-5 tantangan yang sudah kami sebutkan ini, semua merupakan tantangan sementara. Ketika tim sudah terbiasa dengan aplikasi CRM, mereka akan lebih senang dalam bekerja karena merasa terbantu dengan kehadiran CRM. Jangan pernah takut untuk menggunakan CRM dan jangan menjadikan tantangan ini sebagai alsan untuk tidak menggunakan CRM. Karena, semakin terlambat Anda menggunakan CRM disaat kompetitor sudah mulai migrasi untuk menggunakan CRM dalam mencari prospek dan pelanggan, maka saat itu pula Anda sduah ketinggalan jauh dari kompetitor.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK