Return to site

3 Metrik Untuk Memantau Tingkat Kemajuan Penjualan Berdasarkan KPI

· Tips Sales

Optimalisasi penjualan tidak dapat dicapai dalam proses atau memo yang hanya dilakukan satu kali. Untuk mencapai optimasi, diperlukan upaya terus-menerus untuk memantau kemajuan dan menyesuaikan kembali sesuai yang diperlukan. Untuk bisa mewujudkan hal ini, Anda harus mengandalkan kombinasi teknologi, data, dan penilaian yang baik dari tim sales. Manajemen dan sales leader harus menjadikan pengumpulan, pelacakan, dan analisis data yang akurat sebagai prioritas, dalam upaya untuk menekankan KPI dan harus diberikan dengan menentukan poin-poin yang paling relevan dengan industri Anda. Yang perlu Anda perhatikan secara khusus dalam menentukan metrik untuk KPI adalah penjualan seperti pendapatan, penetrasi, dan pertumbuhan. Namun, bukan berarti Anda melupakan metrik lain juga dapat berguna dalam menilai kemajuan penjualan dan pertumbuhan Anda seperti:

1. Metrik aktivitas dalam penjualan

Dalam kombinasi dalam proses penjualan seperti metrik kinerja dan produktivitas, jumlah interaksi, percakapan, atau email yang dikualifikasikan untuk menyoroti tingkan inefisiensi dan membantu manajemen mengidentifikasi salesperson yang mungkin memerlukan pelatihan tambahan. Dengan memahami metrik ini, Anda akan lebih mudah dalam membantu sales untuk mencapai kinerja yang lebih maksimal dan meningkatkan aktivitas penjualan melalui efisiensi.

2. Metrik dari sales pipeline

Berapa lama siklus penjualan Anda, dan seberapa sering Anda dapat mengkonversi prospek menjadi pelanggan dan proses mengubah pelanggan biasa menjadi pelanggan loyal? Hasil yang Anda dapatkan ini perlu dinilai kembali secara berkala jika Anda ingin menjaga keseimbangan sales pipeline Anda dan memusatkan perhatian di tempat yang paling dibutuhkan.

3. Metrik dalam merekrut dan melatih tim

Tim yang Anda sama pentingnya dengan proses penjualan. Karena, dari mereka Anda dapat menghasilkan penjualan. Metrik dalam perekrutan atau pelatihan yang Anda lakukan tentunya membutuhkan perhatian lebih. Pasalnya, jika Anda tidak memiliki metrik yang tepat, maka Anda akan sulit untuk mendapatkan tim yang dapat bekerja sesuai dengan pola yang ada di dalam perusahaan Anda.

Ingat, Berhati-hatilah untuk memastikan bahwa metrik yang Anda pantau dan nilai yang Anda tetapkan sesuai dengan tujuan akhir Anda. Apabila Anda terjebak dalam data yang tidak relevan dengan pasar atau ukuran tim Anda, ini dapat menghilangkan/menutupi masalah yang seharusnya merupakan masalah penting dan relevan dengan proses penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK